Bunga Sepatu Lawan Bronkitis

MERAPI-SULISTYANTO  Tanaman bunga sepatu layak ditanam di kebun herbal.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman bunga sepatu layak ditanam di kebun herbal.

BRONKITIS atau radang pada cabang tenggorokan termasuk gangguan kesehatan yang perlu segera disingkirkan. Sejumlah resep atau ramuan alami dapat diterapkan untuk melawan bronkitis. Tak sedikit literatur mengupas seputar pemanfaatan bahan alami sebagai musuh gangguan kesehatan ini.

Antara lain dengan memanfaatkan cabe Jawa kering sebanyak enam gram. Caranya, cabe Jawa kering ditumbuk sampai halus lalu ditambah satu sendok makan madu. Ramuan ini diminum tiga kali sehari dengan dosis yang sama. Bahkan dapat juga menggunakan daun sendok segar sebanyak 30 gram. Cara membuat ramuannya, herba daun sendok direbus dengan dua gelas air sampai tersisa separohnya. Setelah dingin/hangat, airnya diminum dua kali sehari, masing-masing setengah gelas. Sebelum diminum bisa juga diberi madu asli. Terapi ini dilakukan selama satu sampai dua minggu.

Selain bahan-bahan di atas, bunga sepatu juga diyakini sebagai musuh bebuyutan keluhan bronkitis. Cara pemanfaatannya, dua kuntum bunga sepatu dicuci bersih lalu direbus menggunakan dua gelas air sekitar 15 menit. Setelah dingin disaring dan hasilnya diminum dua kali sehari. Bahkan, selain membantu mengatasi bronkitis, bunga sepatu bisa juga dimanfaatkan untuk menghalau sakit panas, haid tak teratur, sariawan dan gondok. Khusus sakit kepala, daun bunga sepatu ditumbuk sampai menjadi seperti serbuk lalu direbus sekitar setengah jam. Hasilnya dikompreskan pada dahi.

Tanaman bunga sepatu ini mempunyai nama latin Hibiscus rosa-sinensis Linn.. Tinggi tanaman bisa mencapai 3 meter dan rajin berbunga. Varietasnya lumayan banyak, yakni lebih dari 5.000 jenis. Nama lain bunga sepatu juga beragam seperti worawari, kembang wera, waribang, wuhanga, bunga raya dan kembang sepatu. Cara perbanyakannya biasa dengan setek.

Tampilan bunganya cukup khas, antara lain ada yang berwarna merah, putih, magenta dan kuning. Penanamannya bisa di lahan kebun herbal, dapat juga menggunakan pot atau wadah lainnya.

Selain bunga sepatu, jenis bunga mawar pun berkhasiat. Bagian kelopak bunganya yang kering dapat dicampurkan pada teh dan bisa mengharumkan teh. Caranya cukup sederhana, yakni dengan menyampurkan sedikit kelopak bunga kering bersama teh. Selanjutnya direbus sampai mendidih lalu disaring. Selain menjadikan teh segar, harum dan nikmat dipercaya juga bermanfaat sebagai antioksidan.

Ramuan alami seperti itu diyakini pula mengandung zat-zat yang berfungsi sebagai penambah daya tahan tubuh. Selain itu bunga mawar dengan aromanya yang harum dapat digunakan sebagai aromaterapi, antara lain membantu menenangkan pikiran dan jiwa. Termasuk dapat diolah sebagai bahan dasar pembuatan parfum atau minyak wangi. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Bunga Krisan sebagai Anti Radang

SEHAT jiwa dan raga menjadi dambaan setiap orang. Beragam kiat atau jurus pun dilakukan, termasuk menggunakan bahan-bahan alami. Tak sedikit

Close