Bunga Krisan sebagai Anti Radang

MERAPI-SULISTYANTO  Bunga krisan mempunyai khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Bunga krisan mempunyai khasiat kesehatan.

SEHAT jiwa dan raga menjadi dambaan setiap orang. Beragam kiat atau jurus pun dilakukan, termasuk menggunakan bahan-bahan alami. Tak sedikit warga berusaha menerapkan jurus alami, sehingga diharapkan tak membutuhkan banyak biaya serta minim ataupun tak ada efek samping yang justru merugikan kesehatan.

Suatu hal layak disyukuri, Yang Maha Kuasa menciptakan aneka jenis tumbuhan bermanfaat bagi manusia. Satu di antaranya tanaman bunga krisan yang memiliki warna-warni bunga. Selain cocok dijadikan bunga potong, sehingga mendukung dekorasi maupun keindahan ruangan ternyata ada juga manfaat kesehatannya. Berbagai sumber juga telah mengupas seputar khasiat dari bunga krisan.

“Bunga krisan yang dipajang di sudut ruangan memiliki keindahan tersendiri. Lalu digabung dengan bunga sedap malam, selain kian indah juga memberikan aroma wangi. Jenis-jenis bunga ini juga ada manfaat kesehatannya,” papar Ahmad Miftah kepada Merapi.

Warga kawasan Jumoyo Muntilan ini mengungkapkan, untuk mendapatkan jenis bunga tersebut dapat datang ke pasar ataupun kios-kios bunga potong/biasa membuat rangkaian bunga. Dapat pula datang langsung di lahan penanaman jenis tanaman tersebut. Adapun manfaat kesehatan bunga krisan, antara lain memiliki kandungan anti oksidan, bisa sebagai anti radang dan membantu mengencerkan dahak.

Resep alaminya, misalnya menggunakan satu mangkuk daun dan bunga krisan kering yang sudah dicuci. Lalu direbus dalam dua gelas air selama 15 menit. Selanjutnya dibiarkan beberapa saat sampai hangat, disaring dan diminum. Selain itu juga diyakini bisa membantu meredam keluhan bengkak mata. Jurus alaminya, yakni menggunakan 10 gram bunga krisan yang dicuci bersih lalu direbus dengan tiga gelas air sampai mendidih. Hasilnya didiamkan sampai dalam keadaan hangat, lalu digunakan untuk merendam atau mengkompres mata bengkak.

MERAPI-SULISTYANTO  Ahmad Miftah.
MERAPI-SULISTYANTO
Ahmad Miftah.

“Bahan alami jenis bunga krisan seperti ini pada suasana Lebaran, harga di pasaran biasanya lebih mahal dibanding pada hari-hari biasa. Seumpama bisa menanam sendiri, baik di tanah langsung maupun di pot akan lebih hemat biaya, sewaktu-waktu membutuhkan tak perlu membeli,” tandasnya.

Adapun jenis bunga krisan yang biasa dijadikan minuman berkhasiat terutama krisan berwarna putih dan kuning. Selain bermanfaat sebagai anti radang, bisa juga sebagai sarana relaksasi, sedangkan teh krisan antara lain diyakini bisa membantu melawan influenza, demam, panas dalam serta berperan membersihkan liver. Selain itu krisan yang telah diproses menjadi teh herbal atau teh obat antara lain berkhasiat membantu mengatasi radang mata merah, sakit kepala, pusing, sinusitis, radang tenggorokan, bisul serta hipertensi.

“Selain krisan, bunga sedap malam juga ada manfaat kesehatannya. Pada saat malam hari, sesuai namanya mampu menebarkan aroma sedap atau harum. Tapi pada saat suasana Lebaran, harga bunga sedap malam juga biasa lebih mahal sedikit,” jelasnya. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Bahas Percepatan Pengembangan Pariwisata, Stakeholder Garut Ngumpul di Ngawangkong

GARUT (HARIAN MERAPI)- Sektor pariwisata Garut terus didorong melaju kencang. Berbagai langkah strategis digelar untuk memacu sektor tersebut. Salah satunya

Close