Lada Redam Serangan Influenza

MERAPI-SULISTYANTO  Merica atau lada memiliki khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Merica atau lada memiliki khasiat kesehatan.

TANAMAN berkhasiat cukup beragam jenisnya. Pemanfaatan secara rutin bagian dari tanaman tersebut, misalnya akar, kulit, batang, daun, bunga serta buahnya termasuk bagian dari jurus alami meraih sehat jiwa dan raga.

Menurut Sri Sukesi yang tinggal di kawasan Karangwaru Yogya, rempah wujud lada atau merica banyak manfaatnya. Selain sering digunakan di bidang kuliner, biasa juga untuk mengawetkan kain batik tulis yang disimpan di almari. Aroma dari merica ditakuti hewan perusak batik seperti ngengat atau renget.

“Meski lada wujudnya bulat-bulat kecil, namun memiliki banyak manfaat termasuk untuk mendukung kesehatan secara alami,” jelas Kesi.

MERAPI-SULISTYANTO  Sri Sukesi.
MERAPI-SULISTYANTO
Sri Sukesi.

Khasiatnya seperti membantu melawan malaria yang dibarengi dengan demam. Cara membuat ramuannya, 20 butir lada ditumbuk kasar lalu dikukus sampai matang. Hasilnya rutin dikonsumsi. Jika untuk membantu melonggarkan saluran pernafasan sampai melancarkan aliran darah di sekitar kepala. Sehingga masakan yang berbumbu pedas merica cocok juga untuk membantu meredam influenza, kepala pusing, perut kembung dan mual akibat masuk angin. Kandungan kimia alami dalam lada antara lain saponin, flavonoida, minyak asiri, kavisin, resin, zat putih telur,amilum, piperine, piperinile,piperoleine, poperanine, dihidrokarveol dan minyak lada.

“Dengan bantuan teknologi, lada atau merica juga bisa diperoleh minyak atsiri,” tandasnya. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Gedung DPRD Kota Yogyakarta. (Merapi-Antara)
PERDA KOTA LAYAK ANAK-Pansus DPRD Yogya Sampaikan 29 Poin Rekomendasi

UMBULHARJO (HARIAN MERAPI) - Panitia Khusus (Pansus) Pembahas Pengawasan Pelaksanaan Perda Kota Yogyakarta tentang Kota Layak Anak merekomendasikan 29 poin

Close