Tebu Hijau Redam Panas Dalam

MERAPI-SULISTYANTO  Tahapan membuat sari tebu ala Zulhan.
MERAPI-SULISTYANTO
Tahapan membuat sari tebu ala Zulhan.

TANAMAN tebu mempunyai beberapa jenis dan sudah banyak dikenal masyarakat. Jenisnya ditinjau dari warna batang antara lain tebu hitam, hijau dan kuning. Bagian batang tebu ini bisa sebagai bahan baku pembuatan gula pasir. Beberapa warga ada yang senang menanam tebu di pekarangan rumah, sekadar untuk perindang, sebagai hiasan ataupun dimanfaatkan khasiat kesehatannya.

Selain itu sering juga kita melihat penjual sari tebu dengan menggunakan gerobak khusus. Sari tebu antara lain diyakini mempunyai khasiat kesehatan seperti membantu terapi untuk meredakan batuk, sebagai musuh jantung berdebar, meredakan panas dalam/panas tinggi, musuh pegal linu dan mengatasi kerusakan gigi. Selain itu tebu juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat dimakan langsung, namun sepahnya dibuang.

“Jika dibuat sari tebu dapat dikonsumsi dengan ditambah es batu maupun tanpa es batu. Tanpa perlu diberi gula sudah manis, tentu saja manis alami dan menyehatkan badan,” jelas kru penjualan sari tebu di kawasan Sidoarum Sleman, Zulhan Eka S, baru-baru ini.

Adapun untuk bisa menghasilkan sari tebu bisa melewati beberapa langkah, termasuk menggunakan piranti khusus. Tahapannya, antara lain batang tebu di potong-potong dengan panjang rata-rata 50 cm dan dibersihkan bagian kulit luarnya. Setelah itu dibelah menjadi dua dan diperas dengan menggunakan piranti khusus. Air hasil perasan masih disaring agar serat-serat yang tercampur bisa terambil. Tak perlu menambah zat pemanis ke dalam sari tebu tersebut, sebab sari tebu sudah punya rasa manis. Selain mempunyai khasiat kesehatan seperti di atas, air tebu juga mempunyai kandungan vitamin B2 cukup tinggi.

“Sesuai warna jenis tebunya, yaitu tebu hijau. Sari tebunya juga berwarna kehijauan dengan aroma dan cita rasa yang manis khas,” beber Zulhan.

Lain halnya untuk jantung berdebar, diyakini lebih berkhasiat jika menggunakan jenis tebu hitam. Cara yang bisa diterapkan cukup sederhana, yaitu cuku mengkonsumsi langsung air tebu dan sepahnya dibuang. Selain itu dapat juga memprosesnya sampai mendapatkan sari tebu. Caranya seperti di atas, batang tebu hitam dipotong-potong dahulu dan dibersihkan sebelum diproses menggunakan piranti khusus sebagai pemeras atau menghasilkan sari tebu siap diminum. (Yan)

Read previous post:
MERAPI-AMIN KUNTARI Warga Perumahan Puri Wates Asri menunjukkan lokasi kemunculan monyet ekor panjang.
Monyet Berkeliaran, Warga Langsung Tutup Pintu dan Jendela

WATES (MERAPI) - Selain harimau, musim kemarau juga meyebabkan monyet ekor panjang turun dari habitatnya untuk mencari makan. Buktinya, seekor

Close