Umbi Uwi Lawan Bengkak

MERAPI-SULISTYANTO  Umbi uwi mempunyai cita rasa khas dan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Umbi uwi mempunyai cita rasa khas dan berkhasiat.

SUDAH mengenal aneka jenis umbi-umbian yang enak dikonsumsi? Sebagian jenis umbi-umbian selain bisa diolah menjadi sejumlah masakan dengan cita rasa khas serta mendukung kesehatan, sebab berkhasiat. Antara lain jenis umbi dari tanaman uwi, gembili serta ubi jalar.

Terutama jenis umbi uwi serta gembili meski belum tentu semua warga mengenalinya, namun diyakini memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga bisa mendukung kesehatan badan, antara lain bagus untuk sistem pencernaan dan agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena kekurangan serat.

Jika umbi uwi diparut kasar, lalu direndam dengan air kapur untuk memisahkan parutan dengan getahnya. Air getah uwi ini bisa untuk pestisida yang ramah lingkungan. Sedangkan parutan yang sudah dikeringkan, dapat langsung diolah menjadi tepung. Tepung dari uwi ini dapat digunakan sebagai bahan baku berbagai macam makanan, seperti kue dan mie. Rasa tepungnya sendiri tawar, jadi gampang divariasikan. Lain halnya jika digunakan sebagai obat bengkak, cara pembuatannya yaitu 100 gram uwi basah dicuci bersih dan ditumbuk halus. Hasilnya dibalurkan pada bagian yang bengkak. Dengan rutin membalurkan diharapkan, uwi mampu menang melawan bengkak.

Ada lagi yang memanfaatkan akar tanaman uwi dengan dipadu bawang putih lalu direbus dalam air bersih hingga mendidih. Hasilnya diminum dua sampai tiga kali sehari, sebanyak segelas. Bahan alami ini termasuk rebusan umbi uwi aman bagi penderita diabetes, karena mengandung kadar gula rendah. Artinya juga dengan kandungan glikemik rendah menjadikan uwi dapat digunakan sebagai alternatif makanan sumber karbohidrat yang bermanfaat bagi kesehatan. Mengingat umbi uwi mempunyai beberapa manfaat atau khasiat kesehatan, sudah selayaknya jenis tanaman ini dilestarikan keberadaannya. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
GOA GILAP DAN MANFAATNYA BAGI MASYARAKAT (3) – Tempat Bertemunya Tujuh Aliran Air

Sungai bawah tanah adalah sungai yang mengalir sebagian atau seluruhnya di bawah tanah, dengan kata lain permukaan air dan tepi

Close