Bumbu Alami Musuh Kolesterol Tinggi

MERAPI-SULISTYANTO  Bumbu berkhasiat seperti bawang tunggal ikut mendukung kesehatan badan.
MERAPI-SULISTYANTO
Bumbu berkhasiat seperti bawang tunggal ikut mendukung kesehatan badan.

KETIKA bisa menjaga kerukunan antar sesama diharapkan mampu memberi kebahagian tersendiri. Tak kalah penting juga untuk bisa menjaga kesehatan tubuh, satu di antaranya memanfaatkan aneka bahan alami tanpa mengandung bahan kimia.

Dikatakan Fransiska LKH bahwa jeruk termasuk buah bermanfaat bagi kesehatan. Selain jenis-jenis buah, sebagian jenis bumbu yang biasa digunakan di bidang kuliner juga diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Antara lain bawang merah, bawang putih dan bombay. Apalagi ada jenis bawang tunggal yang juga dipercaya kampiun mencegah maupun melawan gangguan kesehatan.

“Terutama jenis bawang tunggal antara lain diyakini dapat sebagai musuh kolesterol tinggi, asam urat dan gangguan kesehatan pada jantung,” papar Siska.

MERAPI-SULISTYANTO  Fransiska LKH.
MERAPI-SULISTYANTO
Fransiska LKH.

Jika digunakan sebagai minuman alami berkhasiat, bawang tunggal dapat dapat dikombinasi dengan jeruk lemon, rimpang jahe merah, madu murni serta cuka apel. Sebagian bahan perlu diparut/diblender dan diperas, hasilnya saling dipadukan dan direbus. Hasil rebusan ramuan alami ini rutin dikonsumsi atau diminum. Bahan bawang merah pun dapat membantu melawan batuk.

Caranya, umbi bawang merah empat gram, dipadu daun poko segar empat gram, daun sembung segar tiga gram, herba pegagan segar empat gram, buah adas dua gram dan air 125 mililiter. Cara membuatnya, semua bahan dipipis dan dibuat menjadi wujud butiran atau pil. Cara pemakaiannya, pil diminum tiga kali sehari, semoga gangguan kesehatan tersebut bisa segera teratasi. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Gigi Buto Ijo Rampal Disabet Cemeti

KISAH ini terjadi pada tahun 70-an silam. Saat itu kakekku yang menjadi guru Sekolah Dasar, setiap ambil gaji di kantor

Close