Redam Sakit Perut dengan Rempah-rempah

MERAPI-SULISTYANTO Sebagian jenis rempah-rempah bisa dikombinasikan pada minuman herbal.
MERAPI-SULISTYANTO
Sebagian jenis rempah-rempah bisa dikombinasikan pada minuman herbal.

PEMANFAATAN bahan alami berkhasiat cukup beragam. Mulai secara tradisional sampai telah memanfaatkan teknologi modern. Ketika berbasis bahan alami dan mampu membantu meraih kesehatan lebih baik, sudah selayaknya dapat dipilih.

Hanna J yang tinggal di kawasan Moyudan Sleman menyebutkan, rempah-rempah juga dapat mendukung kesehatan. Pemanfaatannya antara lain bisa menjadi bumbu masakan serta dicampurkan saat pembuatan minuman herbal instan, misalnya jahe, kencur, temulawak, kunir dan secang. Seiring kemajuan teknologi, ada juga sejumlah rempah diproses menjadi wujud instan atau serbuk.

“Jenis tanaman rempah-rempah di negara kita sangat beragam. Bagian tanaman yang digunakan antara lain daun, biji, bunga, buah, kulit buah serta akarnya. Manfaat kesehatannya dapat diperoleh baik ketika digunakan secara tunggal maupun dikombinasi dengan bahan berkhasiat lain,” jelasnya.

MERAPI-SULISTYANTO Hanna J.
MERAPI-SULISTYANTO
Hanna J.

Sebagai contoh, rempah ketumbar mempunyai aroma harum dan rasa yang hangat serta menyegarkan. Selain digunakan sebagai campuran pada bumbu masak, ketumbar juga diyakini bisa meredam gangguan/sakit perut, bermanfaat pada sistem syaraf dan sebagai anti bakteri yang sangat kuat. Sedangkan rempah jenis bawang putih antara lain bisa sebagai peredam hipertensi. Resep sederhana bisa diterapkan, yakni cukup menghaluskan bawang putih lalu diseduh dengan air panas dan diminum dalam keadaan masih hangat. Jika untuk menyingkirkan cacing gelang, bawang putih diparut dan ditambah air yang telah masak. Hasilnya bisa segera diminum dalam keadaan hangat dan setelah disaring.

“Minuman instan jahe ketika dalam pembuatannya diberi beberapa rempah seperti ada serai juga bagus untuk kesehatan termasuk meredam gangguan kesehatan pada perut, misalnya perut kembung. Lalu ketika ada bahan rempah dari biji pala, antara lain bagus untuk insomnia atau sulit tidur,” urai Hanna. (Yan)

Cara seperti ini diharapkan termasuk bagian dari menerapkan kiat-kiat alami dalam membantu mencegah maupun mengatasi keluhan kesehatan. Seperti telah dijelaskan Siti Fatimah di Merapi

Read previous post:
MAKAM PETILASAN EYANG SEMAR DI GUNUNG TIDAR (3) – Kain Mori Diganti Setiap Awal Bulan Sura

Sebagai salah satu tokoh dalam cerita pewayangan, namun banyak yang mempercayai Semar benar-benar pernah ada. Salah satu yang menguatkan pendapat

Close