Teh Rempah Dukung Detoksifikasi Toksin

MERAPI-SULISTYANTO Beberapa bahan alami berkhasiat untuk membuat teh rempah.
MERAPI-SULISTYANTO
Beberapa bahan alami berkhasiat untuk membuat teh rempah.

BAHAN alami berkhasiat baik digunakan secara tunggal maupun dikombinasi dengan bahan-bahan lain mampu mendukung kesehatan badan. Tak sedikit warga dari berbagai kalangan sudah merasakan manfaat dari bahan-bahan alami berkhasiat.

Pemakaian secara rutin dengan takaran tak berlebihan termasuk penerapan kiat alami guna meraih kesehatan lebih baik. Minuman berbahan baku madu, daun teh serta rempah-rempah diyakini mampu mendukung kesehatan badan.

Dalam suatu even pameran di Sleman, Anik Sulastri mengungkapkan, daun teh mempunyai khasiat kesehatan. Apalagi dikombinasi dengan beberapa jenis rempah, sehingga biasa disebut teh rempah. Jenis rempahnya seperti pala, bunga lawang, cabe Jawa, kayu manis, daun salam serta daun buah tin. Semua dipilih yang berkualitas, sehingga citarasa dan khasiatnya lebih unggul.

“Semua dikombinasi akhirnya menjadi teh herbal dengan rasa khas dan berkhasiat. Sementara ini, kami baru membuat model teh tubruk,” ungkap Anik.

MERAPI-SULISTYANTO Anik Sulastri.
MERAPI-SULISTYANTO
Anik Sulastri.

Secara umum manfaat kesehatan teh rempah ini, misalnya membantu proses detoksifikasi racun atau toksin yang ada di dalam tubuh. Dengan detoksifikasi yang baik di dalam tubuh, diharapkan mampu mencegah serta melawan gangguan kesehatan. Tak ketinggalan bisa mengurangi kadar gula darah serta musuh darah tinggi (hipertensi).

“Teh rempah bisa juga menghangatkan badan serta aman di lambung, meski dikonsumsi rutin,” tegasnya.

Ketika dipilah-pilah, bahan-bahan untuk membuat teh rempah memiliki khasiat tersendiri. Daun tehnya antara lain ada kandungan mineral kalium yang dapat membantu mengurangi atau mencegah risiko hipertensi. Adapun kandungan alkoloidnya bisa membantu melawan sakit kepala atau migrain.Serat dalam teh diyakini juga bisa menyerap cairan, sehingga dapat membantu mengatasi diare, misalnya dibuat teh tubruk, dibuat lebih kental dan sedikit ampasnya termakan tak masalah. Selain itu teh merupakan sumber alami kafein dan anti oksidan. Adapun kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Cara membuat minuman teh pun cukup sederhana, seperti dengan menyeduh daun, pucuk daun atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman teh atau Camellia sinensis dengan air panas. (Yan)

Read previous post:
Sadar Setelah Melihat Sosok Misterius

KEBIASAAN menyontek selalu dilakukan oleh Nadira. Karena itu, jika ulangan nilainya relatif lebih bagus dari teman-temannya sekelas. Namun demikian, para

Close