Bantu Suburkan Rambut dengan Kemiri

MERAPI-SULISTYANTO Kemiri termasuk jenis rempah yang memiliki aneka manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Kemiri termasuk jenis rempah yang memiliki aneka manfaat kesehatan.

SEBAGIAN jenis rempah mempunyai tampilan dan aroma khas. Selain banyak dimanfaatkan di bidang masak-memasak, diyakini juga mempunyai beberapa khasiat kesehatan. Sehingga dapat dijadikan bahan alami untuk membantu melawan maupun mencegah keluhan kesehatan.

Bahan alami kemiri, antara lain diyakini dapat membantu menyuburkan ataupun mendukung kesehatan rambut termasuk mencegah rambut mudah rontok. Cara yang bisa diterapkan, yakni dengan ditambah daun pandan wangi dan sejumlah rempah-rempah lain lalu diolah menjadi minyak kemiri. Hasilnya cukup rutin diusapkan pada kulit kepala, selain bisa menjaga kesehatan rambut termasuk menyuburkan, menghitamkan serta mencegah rontok, dipercaya pula bisa membantu menyingkirkan ketombe.

Lain halnya jika digunakan sebagai musuh sembelit, yaitu cukup memilih satu buah kemiri kualitas bagus. Setelah itu ditambah bahan lainnya, terutama dua siung bawah merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, lima gram pulosari, enam gram adas dan setengah sendok teh garam. Semua bahan dihaluskan lalu direbus dengan 800 cc air sampai tersisa separuhnya.

Setelah itu disaring dan airnya diminum dua kali sehari (setiap kali minum cukup 200 cc). Tak ketinggalan, minyak kemiri dapat juga rutin diusapkan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat sampai merata. Lalu didiamkan terlebih dahulu minimal satu jam. Semakin lama semakin baik. Dapat juga dibiarkan selama semalam dan pagi harinya dikeramas. Selain itu ada cara mudah lainnya, yakni cukup menggunakan 5-7 buah kemiri ditumbuk halus. Lalu ditambah air secukupnya dan dimasak sampai mengeluarkan minyak. Hasilnya digosokkan ke kulit kepala dan rambut sampai merata. Rata-rata dilakukan tiga kali dalam seminggu. Produk herbal untuk kesehatan rambut dengan bahan kemiri pun mudah ditemukan di pasaran.

Lain halnya sebagai musuh penyumbatan-penyumbatan pembuluh darah, dapat menerapkan ikhtiar, misalnya memanfaatkan ketumbar. Caranya, cukup menuangkan ketumbar dua sendok teh lalu diseduh dengan air panas. Setelah air mengeluarkan zat-zatnya sekitar 15-20 menit maka segera disaring dan airnya rutin diminum pada pagi hari sampai keluhan ini dapat teratasi. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Malimbu Hill dan Senggigi Siap Memikat Peserta Famtrip Australia

JAKARTA (MERAPI)– Keindahan Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan kembali dieksplorasi dalam familiarization trip (famtrip). Kali ini, destinasi yang dikunjungi

Close