RUTIN DIKONSUMSI MAMPU MENCEGAH SERTA MELAWAN KELUHAN KESEHATAN (4) – Pare Bantu Normalkan Kadar Gula

MERAPI-SULISTYANTO Pare bermanfaat bagi kesehatan dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan.
MERAPI-SULISTYANTO
Pare bermanfaat bagi kesehatan dapat diolah menjadi beberapa jenis masakan.

KREASI mengolah makanan maupun minuman sehingga memiliki cita rasa enak banyak dilakukan berbagai pihak. Selain enak tak kalah penting bisa mendukung kesehatan. Sudah sewajarnya asupan wujud makanan maupun minuman seperti ini bisa rutin dikonsumsi.

Apalagi juga mampu membantu melawan serta mencegah aneka gangguan atau keluhan kesehatan. Seperti halnya dijelaskan Nurul DS di Merapi kemarin, bahan alami berkhasiat seperti dari udang dan ikan tuna bisa diolah menjadi beberapa makanan menyehatkan. Jika bisa rutin mengkonsumsi asupan berbahan daging ikan tuna, antara lain bisa membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan meningkatkan kinerja insulin di dalam tubuh.

“Penggunaan daging tuna selain cukup digoreng maupun dimasak jenis lain untuk lauk pauk, bisa juga diproses untuk dijadikan makanan dengan cita rasa enak seperti otak-otak dan bakso tuna,” jelas Nurul, baru-baru ini.

Kandungan protein dalam ikan tuna diperlukan juga oleh tubuh antara lain untuk membangun otot lebih kuat serta aliran darah lebih lancar. Tak ketinggalan bisa membantu mendetoksifikasi tubuh atau membersihkan toksin yang ada dalam tubuh. Bahkan, sebagian pemilik berat badan berlebih seringkali memilih rutin mengkonsumsi ikan tuna saat diet untuk menurunkan berat badan. Selain itu bisa membantu mengembalikan tingkat energitubuh dan membangun sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu menurut Purwati warga Sebaran Godean Sleman, sayur pare juga diyakini memiliki aneka manfaat kesehatan. Agar terasa lebih enak disantap biasa dijadikan sayur dengan kombinasi bahan lain seperti irisan tempe, daging serta aneka rempah. Selain itu pare yang dihilangkan bagian dalam (biji-bijinya), lalu diisi bumbu megono dan dikukus juga tak kalah enak.

MERAPI-SULISTYANTO Purwati.
MERAPI-SULISTYANTO
Purwati.

“Saya biasa membuat makanan enak, bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan seperti ini. Ada juga jenis makanan kicak, jadah kacang tholo dan puding,” urai Purwati.

Berbagai kalangan termasuk ahli kesehatan, lanjutnya, ada sedikit rasa pahit menandakan pare malah memiliki khasiat kesehatan. Adapun manfaat kesehatan pare, misalnya membantu melawan darah tinggi (hipertensi), meningkatkan nafsu makan dan musuh gangguan kesehatan pada kulit. Sayur pare pun juga dibuat minuman jus, baik model tunggal atau dipadu bahan berkhasiat lain. Manfaat lain dari pare, misalnya ikut menjaga kadar gula darah bisa normal.

Selain itu banyak disarankan pula, bagi yang sedang atau baru saja sembuh dari sakit agar meningkat nafsu makannya, antara lain bisa rutin mengkonsumsi olahan pare. Seiring kemajuan teknologi, pare bisa juga diolah menjadi keripik pare dengan cita rasa gurih berpadu sedikit pahit. Cara mengiris-irisnya agar cepat dapat menggunakan mesin pengiris. Lalu untuk memperoleh pare bisa membeli di pasar-pasar, bahkan bisa menanam sendiri tanaman pare. (Yan)

Read previous post:
Keren, 40 Travel Agent India Famtrip ke Batam

BATAM (MERAPI)- Sebanyak 40 travel agent asal India mengikuti famtrip ke Batam, Kepulauan Riau. Mereka tiba di Arrival Hall Harbourbay

Close