RUTIN DIKONSUMSI MAMPU MENCEGAH SERTA MELAWAN KELUHAN KESEHATAN (2) – Rumput Laut Bantu Cegah Kanker

MERAPI-SULISTYANTO Rumput laut berkhasiat dan bisa dikombinasikan pada beberapa jenis makanan/minuman.
MERAPI-SULISTYANTO
Rumput laut berkhasiat dan bisa dikombinasikan pada beberapa jenis makanan/minuman.

SEBAGIAN jenis bahan masakan atau makanan sudah dikenal berbagai lapisan masyarakat dari berbagai belahan dunia. Mereka pun meyakini di balik bahan-bahan alami baik berasal dari tumbuhan serta satwa ada yang bisa membantu mencegah dan melawan keluhan kesehatan.

Bukan hal aneh, jika akhirnya berusaha bisa rutin untuk dikonsumsi mulai dari anak-anak sampai lansia. Seperti diungkap Ny Tukilah di Merapi edisi kemarin, masakan sop ayam dengan bahan baku daging ayam serta sayuran diyakini mampu mendukung kesehatan. Masih ditambah lagi masakan ini juga menggunakan rempah-rempah alami dan berkhasiat.

“Sayur yang ada di sayur sop seperti wortel dan seledri bagus untuk mendukung kesehatan badan. Daging ayamnya juga tak kalah baik bagi kesehatan karena memiliki banyak gizi,” ungkapnya, belum lama ini.

Beberapa keunggulan daging ayam antara lain kaya kandungan protein, vitamin dan mineral. Manfaatnya bagi kesehatan, misalnya dapat membantu meningkatkan sistem imunitas (kekebalan) tubuh dari gangguan kesehatan. Suatu ikhtiar bijaksana, jika sedang sakit atau kesehatan tubuh sedang terganggu lalu rutin mengkonsumsi sop ayam. Selain membuat sendiri, bisa juga membeli di warung makan yang menyediakan masakan tersebut.

Ditemui secara terpisah, Fitria Puspitasari yang ikut menjaga salah satu stan di even pameran kuliner, bahan makanan/minuman rumput laut dikenal pula memiliki aneka manfaat kesehatan. Beberapa jenis masakan asal Jepang pun biasa menggunakan rumput laut termasuk yang sudah dicetak/diproses menjadi wujud lembaran-lembaran tipis serta siap dikonsumsi.

“Rumput laut wujud lembaran seperti ini, misalnya dapat digunakan saat membuat makanan onigiri. Bahannya ada ikan salmon sudah difilet dan digoreng, lalu dibungkus dengan nasi dan bagian luarnya rumput laut,” urai Fitri.

MERAPI-SULISTYANTO Fitria Puspitasari.
MERAPI-SULISTYANTO
Fitria Puspitasari.

Dengan rutin mengkonsumsi olahan berbahan rumput laut, lanjutnya, ada banyak manfaat atau khasiat didapat. Antara lain bisa berperan membantu mencegah kanker. Bahkan ada penelitian menyebutkan, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara, sebab pola makannya biasa menambahkan rumput laut di dalam menu makan mereka. Selain itu rumput laut juga diyakini dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

“Di dalam rumput laut juga banyak diyakini banyak mengandung gizi terutama aneka jenis vitamin,” jelasnya.

Adanya vitamin C dalam rumput laut menjadikan bahan alami ini mengandung anti oksidan yang banyak dibutuhkan untuk menjaga kesehatan. Tak ketinggalan ikut berperan dalam menjaga kekuatan tulang, gigi, gusi, kesehatan kulit serta pembuluh darah. Rrumput laut juga diyakini bisa membantu melawan reaksi alergi dengan cara mencegah pelepasan histamin atau zat yang menyebabkan gejala alergi seperti hidung tersumbat dan mata mudah berair. (Yan)

Read previous post:
Libur Lebaran, The Jungle Waterpark Bogor Panen Pengunjung

BOGOR (MERAPI)– Momentum Libur Lebaran merupakan saat panen bagi para pelaku sektor pariwisata. Tak terkecuali The Jungle Waterpark. Destinasi yang

Close