RUTIN DIKONSUMSI MAMPU MENCEGAH SERTA MELAWAN KELUHAN KESEHATAN (1) – Diberi Seledri Agar Ditakuti Hipertensi

MERAPI-SULISTYANTO Sop ayam diberi taburan seledri kian menyehatkan.
MERAPI-SULISTYANTO
Sop ayam diberi taburan seledri kian menyehatkan.

SAYUR jenis seledri sudah tak asing lagi di masyarakat. Sebagian warga bahkan ada yang senam menanam sendiri seperti di pekarangan, memanfaatkan pot, plastik polybag maupun jenis wadah lain. Ketika bisa rutin mengkonsumsi seledri diharapkan akan mampu mencegah serta melawan keluhan kesehatan.

Cara pemanfaatan seledri pun sangat beragam antara lain cukup dijadikan sebagai lalapan, dicampurkan sejumlah masakan sampai dibuat minuman jus. Termasuk di antaranya, yakni dikombinasikan pada sayur sop ayam. Bahan alami pada sayur sop ayam, selain seledri antara lain ada bawang merah goreng, daging ayam serta rempah-rempah. Selain mempunyai nilai gizi serta cita rasa khas, bahan-bahan alami tersebut juga mampu mendukung kesehatan.

Seperti dijelaskan warga kawasan Nanggulan Kulonprogo, Ny Tukilah, ketika dicampurkan pada sop ayam, seledri tak perlu dimasak. Sebelum dikonsumsi cukup ditaburkan di bagian atas sop, termasuk juga dengan bawang merah goreng. Ketika diberi taburan seledri selain mampu menambah aroma dan cita rasa masakan, juga diyakini memiliki khasiat kesehatan, misalnya ditakuti darah tinggi atau hipertensi. Bahkan dapat dijadikan musuh anemia, mencegah sembelit serta menjaga fungsi ginjal.

“Cara mudah memanfaatkan dan mendapat manfaat kesehatan dari seledri yaitu cukup dicampurkan pada beberapa jenis masakan seperti sop dan soto,” ungkap Ny Tukilah kepada Merapi, belum lama ini.

Tak kalah penting daun seledri diyakini memiliki kandungan vitamin A, lalu bagian batang atau tangkai daun sebagai sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi. Bahkan di dalam seledri juga ada zat yang mampu mencegah pembentukan dan perkembangan kanker usus maupun perut.

Ketika diberi taburan bawang merah goreng, sop ayam menjadi lebih nikmat cita rasanya serta menyehatkan. Rutin mengkonsumsi bawang merah termasuk sudah digoreng antara lain bisa membantu memperlancar sirkulasi darah serta mengatasi beberapa keluhan kesehatan, misalnya perut kembung pada anak, musuh batuk serta mencegah pilek.

“Selain sop, beberapa jenis masakan cocok juga ditaburi bawang merah goreng. Anak-anak kecil seperti cucu saya senang juga dengan masakan yang diberi seledri maupun bawang merah goreng. Selain enak semoga bisa mendukung kesehatan badan,” jelas Ny Tukilah.

Adapun bahan baku wujud daging ayam pada masakan sop banyak mengandung nilai gizi, antara lain banyak kandungan protein, mineral maupun vitamin. Manfaatnya bagi kesehatan, misalnya menjaga dan meningkatan sistem imunitas (daya tahan) tubuh dari beberapa keluhan kesehatan. Suatu hal wajar ketika sedang sakit atau kesehatan tubuh sedang terganggu, lebih sering dianjurkan rutin mengkonsumsi sop ayam. Pasalnya, masakan sop juga menggunakan rempah-rempah berkhasiat.

Manfaat lain dari protein yang terdapat pada daging ayam, antara lain bisa membantu meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Selain itu bisa mendukung pertumbuhan tulang, sehingga banyak juga dibutuhkan pada masa pertumbuhan anak-anak. (Yan)

Read previous post:
Sandar di Batam, Kapal Pesiar Star Clipper Bawa 74 Wisatawan

BATAM (MERAPI)- Kapal cruise berbendera Malta, Star Clipper, singgah di Batam, Kepulauan Riau. Persisnya, di sekitar perairan Pulau Putri, Jumat

Close