Lawan Sembelit dengan Kemiri

MERAPI-SULISTYANTO Kemiri dapat mendukung kesehatan dengan dijadikan sebagai ramuan alami.
MERAPI-SULISTYANTO
Kemiri dapat mendukung kesehatan dengan dijadikan sebagai ramuan alami.

NAMA kemiri sudah tak asing lagi di masyarakat. Rempah jenis ini banyak digunakan dalam bidang masak-memasak atau kuliner. Bahkan diyakini mempunyai beberapa khasiat penting bagi kesehatan atau biasa dijadikan bahan sebagai ramuan alami, misalnya untuk membantu melawan sembelit. Tak ketinggalan bisa ikut berperan menyehatkan rambut serta mencegah rambut mudah rontok.

Resep untuk melawan sembelit, yaitu cukup memilih satu buah kemiri kualitas bagus. Setelah itu ditambah bahan lainnya, dua siung bawah merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, lima gram pulosari, enam gram adas dan setengah sendok teh garam. Semua bahan dihaluskan lalu direbus dengan 800 cc air sampai tersisa separuhnya.

Setelah itu disaring dan airnya diminum dua kali sehari (setiap kali minum cukup 200 cc). Bahkan bisa mendukung kesehatan rambut, seperti menyuburkan, memperkuat dan mengatasi rambut rontok. Caranya dengan ditambah daun pandan wangi dan rempah-rempah, kemiri dapat diolah menjadi minyak. Cukup rutin diusapkan pada kulit kepala bisa menjaga kesehatan rambut termasuk menyuburkan, menghitamkan, mencegah rontok dan menghilangkan ketombe.

Bahkan minyak kemiri dapat diusapkan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat sampai merata. Lalu didiamkan terlebih dahulu minimal satu jam. Semakin lama semakin baik. Dapat juga dibiarkan selama semalam dan pagi harinya dikeramas. Selain itu ada cara mudah lainnya, yakni cukup menggunakan 5-7 buah kemiri ditumbuk halus. Lalu ditambah air secukupnya dan dimasak sampai mengeluarkan minyak. Hasilnya digosokkan ke kulit kepala dan rambut sampai merata. Rata-rata dilakukan tiga kali dalam seminggu, semoga segera bisa dirasakan hasilnya. Produk herbal untuk kesehatan rambut dengan bahan kemiri pun mudah ditemukan di pasaran.(Yan)

Read previous post:
MERAPI-ANTARA/LUQMAN HAKIM Warga berebut Gunungan Grebeg Syawal di Halaman Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, Rabu (5/6).
Warga Berebut 7 Gunungan Grebeg Syawal

YOGYA (MERAPI) - Gunungan Grebeg Syawal dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di Halaman Masjid Gedhe Kauman, Yogyakarta, langsung ludes diperebutkan ratusan

Close