Daun Mint Lawan Sakit Kepala

MERAPI-SULISTYANTO Daun mint mempunyai ciri khas dan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun mint mempunyai ciri khas dan berkhasiat.

DAUN mint mempunyai aroma khas serta bisa dimanfaatkan dalam wujud masih segar. Selain itu bisa diproses seperti menjadi serbuk maupun cukup dijadikan wujud daun kering. Ketika masih dalam wujud daun segar, daun ini dapat dibuat layaknya teh atau juga dipadukan saat minum teh, yakni setiap satu gelas teh panas cukup diberi minimal lima lembar daun mint segar.

Selanjutnya air tersebut diminum dan daun mint yang ada di dalam minuman teh tersebut dapat dikunyah-kunyah dan ditelan. Adapun manfaat atau khasiat dari daun mint seperti membantu mendukung kesegaran nafas, melawan bakteri di mulut serta membantu meredam keluhan perut mual.

Tak kalah penting daun mint juga diyakini mempunyai aneka khasiat kesehatan, misalnya sebagai anti oksidan, membantu mengatasi perut mual, melawan sakit kepala, mencegah demam dan meredam serangan batuk. Cara memanfaatkannya pun bisa dicampur masakan maupun dijadikan lalapan. Keunggulan lain dari daun mint, misalnya dapat diperbanyak dengan merundukkan bagian batang dan jika sudah berakar bisa ditanam di tempat lain. Atau bisa juga dengan memisah bagian anakannya.

Sama halnya daun mint, jenis daun kemangi juga mempunyai bentuk dan aroma yang khas. Khasiat dari kemangi antara lain membantu meredakan mual-mual. Caranya, satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air lalu diminum. Jika untuk sariawan, lima lembar daun kemangi dicuci bersih lalu dikunyah sampai halus selama tiga menit. Lalu ditelan dan segera minum air hangat. Cara ini dilakukan tiga kali sehari.

Penjual tanaman berkhasiat obat maupun hias biasa juga menyediakan kedua jenis tanaman ini. Dengan rutin diberi pupuk organik, misalnya pupuk dari kotoran kambing, tanaman-tanaman tersebut akan tumbuh subur serta tak mudah terserang penyakit. (Yan)

Read previous post:
Jip Wisata Tak Layak Jalan Digembok

SLEMAN (MERAPI) - Demi kenyamanan para wisatawan, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman akan menggembok armada jip wisata di kawasan objek wisata

Close