TAMPAKNYA SEPELE, NAMUN MILIKI PERAN DI BIDANG KESEHATAN (2) – Hindari Gangguan Lambung dengan Kentang

MERAPI-SULISTYANTO Kentang goreng dan minuman berbahan susu sapi mendukung kesehatan secara alami.
MERAPI-SULISTYANTO
Kentang goreng dan minuman berbahan susu sapi mendukung kesehatan secara alami.

SEBAGIAN tanaman berkhasiat memiliki tampilan sederhana, bahkan ada yang menganggap tampak sepele. Namun hasil panenannya bisa memiliki banyak manfaat maupun berperan mendukung kesehatan badan secara alami.

Seperti dijelaskan Donny Gunawan di Merapi sebelumnya, hasil panenan sejumlah tanaman berkhasiat cocok dijadikan sebagai lalapan, antara lain tomat, kol, mentimun dan daun kemangi. Bahan-bahan alami ini ketika rutin dikonsumsi punya peran tersendiri di bidang kesehatan. Cara pemanfaatannya pun mudah dilakukan berbagai kalangan.

“Jika dijadikan lalapan, cocok dikonsumsi dengan aneka menu masakan. Selain itu mudah diperoleh dan harga di pasaran juga terjangkau,” tandasnya, belum lama ini.

Rutin mengkonsumi mentimun, diyakini bisa membantu mencegah serta melawan tekanan darah tinggi (hipertensi), sariawan serta membersihkan ginjal. Sedangkan daun kemangi jika rutin dikonsumsi antara lain dapat sebagai peredam bau badan, membantu menurunkan panas, meredam mual serta disentri. Selain dijadikan lalapan, bisa pula sebagai ramuan, misalnya satu sendok makan daun kemangi kering diseduh dengan setengah cangkir air hangat, ditambah madu asli dan airnya diminum.

Sementara itu menurut Agus Wahyudi pemilik kedai susu sapi AW di Bantulan Sleman menjelaskan, beberapa olahan hasil pertanian seperti kentang dan pisang kepok mempunyai banyak nilai gizi. Selain itu juga mampu mendukung kesehatan badan, bahkan cocok dikonsumsi bersama susu sapi sembari menikmati waktu luang. Wujud kentang serta pisang sebelum diolah tampak sepele.

MERAPI-SULISTYANTO Agus Wahyudi.
MERAPI-
Agus Wahyudi.

“Kentang dan pisang kepok diolah dengan cukup digoreng sudah enak, bergizi dan bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi sambil menikmati olahan makanan seperti ini ada minuman susu sapi, bisa murni dikombinasi jahe, coklat, vanila maupun beberapa pilihan rasa lain,” beber Agus.

Olahan umbi tanaman kentang dipercaya bisa membantu meremajakan sel-sel di tubuh. Tak kalah penting, dapat membantu memperbaiki kerja hati, melenturkan otot dan mencukupi kebutuhan mineral dalam tubuh. Tak ketinggalan bisa berperan menjadi musuh gangguan kesehatan pada lambung serta ginjal. Kandungan vitamin C dalam umbi kentang, antara lain bermanfaat sebagai anti oksidan yang ampuh untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh ataupun mendukung imunitas (daya tahan tubuh) dari beberapa ancaman keluhan kesehatan. Ada lagi kandungan vitamin B6 pada kentang, antara lain berperan dalam sintesis dan metabolisme protein. Artinya juga berdampak bagus dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat.

“Kentang goreng masih hangat disantap bersama saus berbahan tomat selain enak juga bergizi ditambah lagi minumannya susu sapi hangat,” ucap Agus.(Yan)

Read previous post:
MUHIBAH SEDEKAH SENI MALAM 1000 BULAN – Musik untuk Menebalkan Rasa Keimanan

MENIKMATI musik bukan saja akan memberikan hiburan serta menjadi teman dalam suasana tertentu, namun dengan menikmati musik bahkan mampu mencermati

Close