IKHTIAR MENCEGAH DAN MELAWAN PENYAKIT TANPA BIAYA MAHAL (9) – Teh Hijau Plus Serai Miliki Antioksidan

MERAPI-SULISTYANTO Teh hijau dipadu serai miliki aneka manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Teh hijau dipadu serai miliki aneka manfaat kesehatan.

PEMANFAATAN bahan alami berkhasiat bisa secara tunggal maupun dikombinasikan dengan bahan lain. Ketika banyak yang merasakan manfaatnya, tak sedikit warga ikut menerapkannya sebagai bagian dari usaha atau ikhtiar mencegah serta melawan penyakit tanpa biaya mahal.

Seperti dijelaskan Siti Komariyah di Merapi edisi sebelumnya, buah salak biasa dimanfaatkan secara tunggal. Daging buah ini biasa dikonsumsi langsung secara rutin baik untuk mencegah maupun melawan gangguan kesehatan. Manfaat kesehatan lain dapat juga diperoleh dari rutin mengkonsumsi minuman wedang uwuh, bahan bakunya perpaduan rempah seperti jahe, secang, kapulaga, cengkih serta daun kayu manis.

“Semua bahan pendukung ini memiliki manfaat kesehatan tersendiri, jika saling dipadukan juga semakin banyak khasiatnya,” tandas Siti, belum lama ini.

Secara umum manfaat kesehatan wedang uwuh antara lain membantu menurunkan kadar kolesterol jahat, dapat membantu menjaga stamina, meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah. Bahkan, dipercaya juga sebagai anti oksidan, membantu meredam nyeri, meredakan perut mulas karena masuk angin dan mencegah/mengatasi gangguan kesehatan pada lambung.

Ditemui terpisah, peracik teh hijau plus serai asal Samigaluh Kulonprogo, Surati menjelaskan baik teh hijau maupun serai sama-sama memiliki manfaat kesehatan tersendiri. Ketika keduanya sudah kering, batang serai juga sudah dicacah (diiris-iris kecil), hasil akhirnya dimasukkan dalam botol khusus, sewaktu-waktu membuat teh hijau plus serai dapat tinggal pakai layaknya membuat teh tubruk biasa. Bahan teh maupun serai diperoleh dari petani di Samigaluh maupun Girimulyo kawasan Bukit Menoreh yang berada di ketinggian 700 sampai 900 meter dari permukaan laut.

MERAPI-SULISTYANTO Surati.
MERAPI-SULISTYANTO
Surati.

“Teh ini berasal dari daun termuda pucuk teh. Produk teh kami bernama Samigiri ada dua varian teh hijau dan teh racik berlabel Teh Cap Teko. Teh hijaunya ada dua varian murni serta teh hijau plus serai,” paparnya.

Perpaduan teh dan serai diyakini memiliki kandungan antioksidan, manfaatnya seperti mengatasi/menyingkirkan toksin dalam tubuh serta mendukung daya tahan tubuh dari berbagai keluhan kesehatan . Tak kalah penting, kandungan sejumlah zat di dalam teh kesehatan tersebut mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Termasuk pula bermanfaat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh.

“Keunggulan lain bahan teh dan serai dari tempat kami sehingga mampu mendukung kesehatan, misalnya tanpa pestisida dan cukup menggunakan pupuk kandang. Khusus daun tehnya, termasuk kriteria pucuk premium dan hasil petik tangan,” urai Surati saat ditemui di suatu even pameran.(Yan)

Read previous post:
Beluntas Bantu Atasi Keputihan

TANAMAN beluntas termasuk jenis tanaman berkhasiat obat yang banyak dimanfaatkan bagian daun, batang maupun akarnya. Cara pemanfaatannya pun cukup sederhana,

Close