Jeruk Nipis Musuh Radang Tenggorokan

MERAPI-SULISTYANTO Esti menunjukkan minuman kesehatan kombinasi jeruk nipis dan bunga telang.
MERAPI-SULISTYANTO
Esti menunjukkan minuman kesehatan kombinasi jeruk nipis dan bunga telang.

BUAH jeruk nipis mempunyai beragam manfaat atau layak disebut multi manfaat. Selain banyak digunakan di bidang kuliner, diyakini juga memiliki aneka khasiat kesehatan, baik digunakan secara tunggal maupun dikombinasi bahan alami berkhasiat lainnya.

Seperti dijelaskan salah satu warga Sendangadi Mlati Sleman, Esti Pangastuti, jeruk nipis ataupun air hasil perasannya dapat dikombinasi pada minuman sari bunga telang, bisa dicampurkan saat membuat minuman jahe maupun beberapa jenis minuman tradisional lain. Ketika bisa rutin mengkonsumsi minuman berbahan jeruk nipis, misalnya akan membantu melawan serta mencegah radang tenggorokan.

“Ketika ada yang terserang maag, ternyata setelah rutin mengkonsumsi jeruk nipis malah ada yang cocok dan bisa lekas teratasi,” ungkap Esti baru-baru ini.

Perpaduan antara jeruk nipis dipadu jahe dan serai, antara lain berkhasiat menurunkan tingkat gula darah, anti kanker, membersihkan bakteri/infeksi jamur, asam urat, radang saluran kencing, Lain halnya jika dipadu jahe, kencur dan jeruk nipis, diyakini bisa membantu meredakan sakit tenggorokan, menghangatkan tubuh dan memperlancar peredaran darah.

Ditambahkan, EstiJika wedang jahe lalu ada tambahan perasan jeruk nipis, diyakini juga ada banyak manfaatnya, antara lain membantu melancarkan peredaran darah, menjaga stamina, mencegah kembung dan masuk angin. Selain itu jeruk nipis mempunyai banyak khasiat kesehatan lainnya, antara lain membantu meningkatkan kerja sistem pencernaan, menjaga imunitas tubuh, anti bakteri/virus dan membantu membersihkan organ tubuh dari sisa metabolisme tubuh. Jika digunakan sebagai musuh radang tenggorokan, yakni menggunakan tiga buah jeruk nipis. Jeruk lalu dibelah serta diperas. Air hasil perasannya diseduh dengan setengah cangkir air panas. Masih ditambah satu sendok makan madu murni sambil diaduk rata. Saat masih hangat, ramuan ini digunakan untuk berkumur selama kisaran tiga menit serta dilakukan tiga kali sehari.

“Jeruk nipis dipadu sari bunga telang juga mempunyai beberapa khasiat kesehatan dan bisa menjadi minuman menyehatkan. Warna minuman berasal dari perpaduan bahan ini menjadikan agak ungu dan bercitarasa khas,” bebernya. (Yan)

=

Read previous post:
IKHTIAR MENCEGAH DAN MELAWAN PENYAKIT TANPA BIAYA MAHAL (6) – Turunkan Panas dengan Konsumsi Tebu

ANEKA tanaman berkhasiat obat alami mudah tumbuh di Indonesia. Sebagian jenis tanaman ini sudah rutin dimanfaatkan untuk membantu mencegah maupun

Close