Kacang Tanah Cegah Batu Empedu

MERAPI-SULISTYANTO Kacang tanah mempunyai cita rasa khas dan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Kacang tanah mempunyai cita rasa khas dan berkhasiat.

JENIS kacang-kacangan cukup beragam, satu di antaranya kacang tanah. Olahan kacang tanah seperti kacang rebus, kacang bawang dan sebagainya diyakini mempunyai aneka khasiat kesehatan. Apalagi kacang tanah juga kaya dengan protein, zat besi, vitamin B, niasin, vitamin E dan kalsium.

Khasiatnya antara lain membantu mencegah batu empedu. Suatu penelitian menyebutkan, makan satu ons kacang, kacang atau selai kacang seminggu menurunkan risiko batu empedu berkembang sebesar 25 persen. Selain itu dipercaya juga membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Sejumlah penelitian telah menunjukkan, dengan mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Kacang tanah juga kaya lemak tak jenuh tunggal dan antioksidan seperti asam oleat. Sehingga mengkonsumsi segenggam kacang tanah dan kacang lainnya setidaknya empat kali seminggu untuk mengurangi risiko kardiovaskular dan penyakit jantung koroner.

Bahkan juga dapat membantu melindungi terhadap umur terkait penurunan kognitif. Peserta penelitian telah menunjukkan, mereka yang memiliki asupan yang paling kaya niasin makanan seperti kacang adalah 70% lebih cenderung memiliki penyakit Alzheimer dikembangkan. Seperempat cangkir sehari kacang sudah dapat pasokan hampir seperempat dari nilai yang dibutuhkan sehari-hari untuk niacin.

Selain itu kacang tanah dapat membantu fight depresi, pasalnya kacang tanah merupakan sumber yang baik triptofan, suatu asam amino esensial yang penting untuk produksi serotonin, salah satu bahan kimia otak kunci yang terlibat dalam regulasi suasana hati. Ketika depresi terjadi, penurunan jumlah serotonin dapat dilepaskan dari sel-sel saraf di otak. Triptofan dapat meningkatkan efek antidepresan serotonin itu bila ada peningkatan jumlah serotonin dalam darah. Ditambah lagi vitamin B3 atau niasin konten yang banyak manfaat kesehatan termasuk fungsi otak normal dan meningkatkan kekuatan memori. (Yan)

Read previous post:
PANEMBAHAN SENOPATI NGLURUG KE BANG WETAN (6-HABIS) – Bekel Keniten Menantang Perang Tanding

ESOK harinya prajurit-prajurit Mataram sibuk mempersiapkan diri. Mereka akan mengadakan ekspansi ke wilayah Kadipaten Pasuruhan. Dipilihnya lebih dahulu Pasuruhan untuk

Close