Kembang Telang Miliki Antioksidan

MERAPI-SULISTYANTO Hayati dan minuman kesehatan berbahan bunga telang.
MERAPI-SULISTYANTO
Hayati dan minuman kesehatan berbahan bunga telang.

PEMANFAATAN kembang atau bunga telang cukup beragam, sehingga tanaman ini biasa dibudidayakan termasuk di kebun herbal. Jika dibuat minuman kesehatan, selain mempunyai warna menarik, yakni keunguan atau kebiruan juga diyakini memiliki kandungan nutrisi maupun antioksidan.

“Dengan adanya kandungan nutrisi seperti vitamin akan bisa mendukung kesehatan badan. Sedangkan kandungan antioksidannya antara lain membantu mendukung daya tahan tubuh dari beberapa keluhan kesehatan,” ungkap warga kawasan Banyuraden Sleman, Hayati S kepada Merapi, belum lama ini.

Bahkan kembang ini setelah melewati beberapa tahapan bisa dijadikan bahan membuat es krim serta minuman sirup. Hasil akhirnya menjadi asupan dengan cita rasa maupun tampilan warna khas. Lain halnya jika dijadikan teh kesehatan, caranya cukup menggunakan kembang telang yang sudah dijemur kering. Ketika akan dijadikan minuman cukup menggunakan lima kuntum bunga lalu diseduh dengan air panas/hangat.

Teh kesehatan seperti ini bermanfaat juga sebagai detoksifikasi atau membantu menghilangkan toksin/racun-racun yang terdapat dalam sistem pencernaan. Sebelum diminum, teh tersebut bisa juga ditambah perasan jeruk nipis maupun madu asli. Bunga ini pun bagus untuk menjaga kesehatan syaraf. Lain halnya jika digunakan untuk membantu melawan radang mata merah, yakni cukup merendam bunga kembang telang secukupnya dalam satu gelas air bersih. Lalu ditunggu sampai air rendaman menjadi biru. Air yang sudah berwarna biru segera digunakan untuk mencuci mata. Cara ini rutin dilakukan sampai radang mata merah sembuh. Tak ada salahnya juga terapi dari luar ini dipadu dengan terapi dalam tubuh, yaitu rutin minum teh kesehatan bunga telang.

“Untuk memperbanyak tanaman kembang telang cukup menggunakan bagian biji yang sudah tua dengan disebar di tanah atau di pot,” papar Hayati.

Bagian akar kembang telang juga berkhasiat, yakni untuk meredam demam dan menghilangkan dahak pada keluhan bronkitis. Caranya dengan merebus 0,3 gram akar kembang telang kering dengan empat gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dingin, air disaring lalu diminum dua kali sehari masing-masing satu gelas. Sehari bisa dilakukan dua kali, semoga bisa cocok dan segera sembuh. (Yan)

Read previous post:
Narik Sekali Dapat Segepok Uang

SUDAH seharian Mas Gucil (nama samaran) tidak narik becak. Katanya lagi sepi penumpang. Mau apalagi. Akhirnya ia pergi ke musala

Close