BISA DITEMUKAN DI ALAM, BERMANFAAT BAGI KESEHATAN (6) – Daun Murbei Bantu Atasi Radang

MERAPI-SULISTYANTO Bagian daun tanaman murbei berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Bagian daun tanaman murbei berkhasiat.

MESKI kadang terlihat sepele, sebagian tanaman berkhasiat obat ternyata mempunyai banyak manfaat. Selain bermanfaat atau mendukung kesehatan, bisa juga sekalian sebagai penyejuk lingkungan sampai mendukung usaha bidang kuliner.

Seperti telah dijelaskan Dyah Mawati di Merapi sebelumnya, tanaman serai baik yang sudah dibudidayakan maupun tumbuh liar di alam mampu mendukung kesehatan. Jika untuk bidang kuliner, misalnya sebagai tambahan bumbu/pelezat masakan maupun dicampurkan pada minuman. Pasalnya, minuman berbahan campuran bahan alami/rempah diyakini mempunyai manfaat kesehatan.

“Jenis minumannya antara lain menggunakan campuran bahan serai dan jeruk nipis. Ada lagi campuran jeruk, kencur dan jahe maupun wedang uwuh antara lain ada secang, daun cengkih, daun kayu manis, jahe, cengkih dan kapulaga,” ungkap Dyah, baru-baru ini.

Menurut warga Godean Sleman ini, pemanfaatan bahan-bahan alami pada minuman diharapkan mampu mendukung kesehatan. Termasuk juga asupan wujud makanan maupun snack, misalnya berbahan lele, nila, ayam, tahu-tempe, telur dan pisang. Khususnya rempah jenis daun kayu manis diyakini memiliki manfaat kesehatan tak jauh beda dengan kayu manis. seperti membantu mencegah/melawan hipertensi, sakit kepala, maag, diare dan radang tenggorokan.

Ditemui secara terpisah, Heru Minarto SPd warga Sidoarum Sleman menjelaskan, di pekarangan rumahnya ada beberapa tanaman bermanfaat bagi kesehatan. Sebagian jenis tanaman ada pula yang bisa hidup liar, artinya tanpa campur tangan manusia dapat berkembangbiak di alam. Jenis tanamannya yang berkhasiat antara lain, murbei, salam dan belimbing wuluh.

“Semua tanaman saya pupuk dengan pupuk organik, wujud kotoran maupun urin kelinci. Kebetulan tetangga sini ada yang memelihara kelinci,” jelas Heru.

MERAPI-SULISTYANTO Heru Minarto.
MERAPI-SULISTYANTO
Heru Minarto.

Daun tanaman murbei antara lain dapat dapat membantu mengatasi radang kulit maupun bisul. Cara memanfaatkannya, satu genggam daun murbei dicuci lalu direbus dengan dua gelas air. Setelah air tinggal separohnya diangkat dan disaring. Minuman berkhasiat ini segera diminum sekaligus saat masih hangat ataupun dingin. Jika tersengat serangga ataupun tergigit ular bisa menggunakan sekitar 20 gram daun murbei digiling sampai halus. Selanjutnya ditambah setengah cangkir air masak, disaring dan diminum.

“Penanaman murbei dapat dilakukan di tanah langsung maupun menggunakan pot. Dengan dirawat sebaik mungkin, termasuk rutin dipupuk tanaman akan bisa tumbuh dengan baik,” tegasnya.

Lain halnya jika untuk membantu menggempur hipertensi dan hepatitis kronis, salah satu ikhtiarnya bisa menggunakan buah murbei sekitar 10 gram ditambah air bersih satu gelas. Lalu diblender dan diminum sekaligus. Dengan izin Yang Maha Kuasa, diharapkan bisa sembuh. Lalu jika punya keluhan lemah jantung, buah murbei secukupnya dijus dan diminum sekaligus. Dengan rutin minum jus murbei setiap hari, diharapkan gangguan kesehatan seperti itu dapat dicegah ataupun diatasi. Namun jika terkena serangan diare, sebaiknya menghindari ramuan buah murbei. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Diantar Tukang Becak Misterius

HARI ini, hari yang cukup padat bagi Isna (nama samaran). Bagaimana tidak, setelah jam sekolah berakhir, masih harus les. Apalagi

Close