BISA DITEMUKAN DI ALAM, BERMANFAAT BAGI KESEHATAN (4) – Terapi Keluhan Pankreas Dengan Daun Pepaya

MERAPI-SULISTYANTO Olahan daun pepaya, enak dan bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan daun pepaya, enak dan bermanfaat bagi kesehatan.

INDONESIA dikenal sebagai negara yang mempunyai sumber daya alam melimpah. Sebagian jenis tumbuhan baik hidup liar di alam maupun telah dibudidayakan, diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Seperti telah dijelaskan Ny Giman di Merapi edisi sebelumnya, sebagian jenis ikan maupun sayur diyakini mempunyai khasiat kesehatan. Rutin mengkonsumsi ikan kembung antara lain dapat membantu menjaga kesehatan jantung, bagus untuk tekanan darah agar tetap stabil, sehingga terhindar dari risiko hipertensi atau darah tinggi.

“Ketika bisa rutin mengkonsumsi sayur daun singkong serta terung banyak diyakini juga bagus untuk kesehatan badan,” tandasnya, belum lama ini.

Jenis daun berkhasiat ini antara lain bisa bermanfaat sebagai musuh sulit BAB ataupun membantu mengatasi sembelit serta melancarkan pencernaan. Bagus juga rutin dikonsumsi yang memiliki keluhan kesehatan rematik, sakit kepala, luka bernanah serta sedang terserang flu. Bahkan bisa mencegah serta melawan cacingan. Sedangkan terung yang bisa dimasak menjadi balado dan semur, antara lain membantu usaha pemeliharaan saluran pencernaan.

Terung yang kaya kandungan vitamin harganya pun terjangkau berbagai kalangan. Setelah diolah menjadi beberapa jenis masakan mempunyai citarasa khas, enak dan berkhasiat. Diyakini juga dapat membantu terapi keluhan encok, sakit pinggang, cacar air, ketergantungan pada alkohol serta berperan dalam menghambat maupun melawan serangan kanker. Terutama jenis terung ungu diyakini mempunyai khasiat lebih kampiun.

Sementara itu menurut Rinawati yang tinggal di kawasan Ambarketawang Sleman, beberapa jenis sayur seperti berbahan daun pepaya dan kelor. Tak ketinggalan daun-daun tanaman herbal atau berkhasiat seperti cincau, salam serta jeruk purut. Sebagian jenis tanaman ini sudah ada yang dibudidayakan, namun ada juga yang hidup liar tanpa perlu perawatan rutin dari manusia.

“Bisa jadi ada yang tak tahu betul manfaat kesehatan dari asupan yang rutin dikonsumsi,” ujarnya.

Daun pepaya antara lain bisa membantu menambah nafsu makan. Bahkan bisa berdampak bagus sebagai ikhtiar dalam terapi gangguan kesehatan pada pankreas, paru-paru, liver maupun kanker. Sebelum mengolah daun pepaya, penting juga untuk bisa memilih daun pepaya segar yang mempunyai kualitas bagus, tak terlalu tua maupun terlalu muda. Setelah diolah menjadi masakan, selain enak dikonsumsi, daun pepaya juga diyakini mempunyai nilai gizi tinggi, misalnya ada kandungan kalsium, protein, fosfor, besi dan karoten.

MERAPI-SULISTYANTO Rinawati.
MERAPI-SULISTYANTO
Rinawati.

“Tanaman telang bagus juga untuk kesehatan. Bagian bunganya antara lain bisa dijadikan bahan minuman yang memiliki banyak kandungan antioksidan,” tandas Rina.

Adapun untuk membantu melawan radang mata merah, caranya cukup merendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam satu gelas air bersih. Ditunggu sampai air rendaman menjadi biru. Air yang sudah berwarna biru segera digunakan untuk mencuci mata. Cara ini rutin dilakukan sampai radang mata merah sembuh.(Yan)

Read previous post:
PANEMBAHAN SENOPATI NGLURUG KE BANG WETAN (1) – Gusti Jadi Kawula, Kawula Jadi Gusti

Sutawijaya anak sulung Ki Ageng Pemanahan, menobatkan diri menjadi raja Mataram tahun 1575 dengan gelar Panembahan Senopati. Sebelumnya dia pernah

Close