ENAK DIKONSUMSI DAN MILIKI KHASIAT TERSENDIRI (2): Mengkudu Bersihkan Darah dan Menambah Energi

MERAPI-SULISTYANTO Mengkudu atau pace sudah wujud kering.
MERAPI-SULISTYANTO
Mengkudu atau pace sudah wujud kering.

BAHAN alami di sekitar kita sangat beragam jenisnya. Sebagian cocok diolah menjadi makanan maupun minuman menyehatkan. Tak jarang setelah diolah, cita rasanya enak dan jika rutin dikonsumsi memiliki khasiat tersendiri bagi kesehatan badan.

Kombinasi bahan alami seperti jipang (labu siam), jagung muda, daun melinjo serta kacang panjang dapat diolah menjadi sayur asam. Asupan menyehatkan ini bisa rutin dikonsumsi, beberapa bahan pendukung tersebut diyakini mempunyai khasiat atau manfaat kesehatan tersendiri seperti telah dijelaskan Sri Endang Winarsih di Merapi edisi sebelumnya.

“Selain dipadukan pada sayur asam, bahan-bahan alami berkhasiat tersebut juga bisa dimanfaatkan sendiri-sendiri,” papar Endang, baru-baru ini.

Daun melinjo atau sering disebut so, antara lain bisa diproses menjadi teh kesehatan. Garis besar langkah pembuatannya,diawali dengan memilih beberapa lembar daun melinjo yang tak terlalu tua ataupun tak terlalu muda. Setelah itu dicuci sampai bersih, diiris-iris seperti halnya irisan daun tembakau dengan arah irisan melintang. Hasilnya dijemur di bawah sinar matahari hingga betul-betul kering. Setiap akan digunakan sebagai minuman teh kesehatan cukup dengan mengambil secukupnya dan diseduh dengan air panas seperti halnya membuat air teh. Hal ini diminum setiap hari dua kali ketika usia kehamilan sudah mencapai sekitar delapan bulan lebih.

Ditemui secara terpisah, Heri Susanto warga Sumberrahayu Moyudan Sleman biasa memproses mengkudu atau pace dari basah sampai wujud kering. Setelah kering sudah diambil pihak pengepul untuk diproses menjadi produk herbal, baik digunakan secara tunggal ataupun dipadu dengan bahan berkhasiat lain. Selain diwujudkan dalam bentuk kapsul, mengkudu juga dapat diproses menjadi serbuk layaknya kopi sampai agar-agar mengkudu.

“Khasiat kesehatan mengkudu sudah banyak yang tahu, antara lain membantu terapi hipertensi, menambah energi atau stamina, membersihkan darah dan mengembalikan fungsi sel-sel tubuh yang rusak,” jelas Heri.

Cara pemnafaatan lain dari mengkudu, misalnya diekstrak lalu dipadu agar-agar sehingga menjadi produk agar-agar kesehatan yang mengandung banyak serat serta vitamin C. Vitamin ini antara lain membantu mendukung daya tahan tubuh atau berperan sebagai anti oksidan. Manfaat penting lain dari mengkudu seperti bisa menjadi musuh disentri, lever, malaria, batuk berdarah, radang amandel serta cacar air.

MERAPI-SULISTYANTO Heri Susanto.
MERAPI-SULISTYANTO
Heri Susanto.

“Ketika sudah menjadi wujud bubuk, pemanfaatannya bisa seperti ketika membuat minuman kopi. Jual beli mengkudu kering maupun wujud bubuk bisa juga secara online,” imbuhnya.

Adapun cara pemanfaatan mengkudu yang sederhana atau tradisional, misalnya ketika digunakan sebagai musuh darah tinggi atau hipertensi, antara lain dengan memproses satu buah mengkudu mengkal yang sudah dicuci bersih lalu diparut. Setelah itu diparut dan hasilnya diseduh dengan air matang 100 ml serta diminum. Jika bisa rutin dilakukan diharapkan mampu mempercepat sembuhnya keluhan kesehatan tersebut. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ENAK DIKONSUMSI DAN MILIKI KHASIAT TERSENDIRI (1) – Jipang Bantu Bersihkan Radikal Bebas

TAK sedikit bahan alami mempunyai cita rasa enak setelah diolah atau dimasak. Selain enak diyakini juga mempunyai khasiat kesehatan tersendiri.

Close