ENAK DIKONSUMSI DAN MILIKI KHASIAT TERSENDIRI (1) – Jipang Bantu Bersihkan Radikal Bebas

MERAPI-SULISTYANTO Jipang (labu siam) dan jagung dalam seporsi sayur asam, keduanya bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Jipang (labu siam) dan jagung dalam seporsi sayur asam, keduanya bermanfaat bagi kesehatan.

TAK sedikit bahan alami mempunyai cita rasa enak setelah diolah atau dimasak. Selain enak diyakini juga mempunyai khasiat kesehatan tersendiri. Satu di antaranya bahan alami jenis labu siam dan sering disebut jipang.

Bahan ini antara lain bisa dikombinasi dengan bahan lain seperti jagung manis,kacang panjang dan daun melinjo untuk dijadikan jenis sayur asam. Bahan-bahan pendukung tersebut menurut owner Waroeng Hj Bariyah di kawasan Sidoarum Sleman, Sri Endang Winarsih diyakini memiliki kandungan gizi. Selain itu ada manfaat atau khasiat kesehatannya tersendiri, jika bisa rutin dikonsumsi dan tak berlebihan.

“Labu siam atau jipang jika diolah menjadi masakan sayur baik dipadu bahan lain maupun tunggal bermanfaat bagi kesehatan. Bisa juga dibuat ramuan alami seperti dengan direbus, air hasil rebusannya rutin dikonsumsi,” urainya kepada Merapi, belum lama ini.

Khasiat labu siam antara lain dipercaya mengandung antioksidan, sehingga bisa berperan membantu melawan atau membersihkan radikal bebas di tubuh yang menjadi pemicu keluhan kesehatan termasuk kanker. Bahkan pemilik nama lain jipang ini juga dapat membantu mengatasi dan mencegah darah tinggi (hipertensi). Selain itu dapat membantu meredam keluhan perut kembung.

“Saat dimasak menjadi sayur asam, labu siam bisa dipotong-potong kecil wujud dadu,” tandas Endang yang akrab disapa Mbak Endang.

Sama halnya dengan jipang, jagung manis muda yang dimasak dengan direbus atau dikombinasikan pada sayur asam memiliki tekstur, cita rasa enak, mengandung gizi dan ada khasiat kesehatannya. Terutama vitamin C di dalam jagung dipercaya juga sebagai anti oksidan. Dengan kandungan seperti ini menjadikan jagung bisa ikut membantu menjaga kesehatan badan, termasuk kesehatan rambut dan kulit jika bisa dikonsumsi teratur.

Tak ketinggalan, jagung juga memiliki kandungan asam folat antara lain bisa berperan dalam menurunkan kadar homosistein dalam pembuluh darah. Homosistein termasuk jenis asam amino, bila kadarnya meningkat dalam darah dapat merusak pembuluh darah sehingga seseorang bisa berisiko terserang stroke maupun jantung. Selain itu asam folat juga berperan penting dalam perkembangan otak janin, dengan kata lain bisa mencegah kerusakan otak bayi saat kelahiran. Sedangkan penggunaan luar badan, misalnya membantu penyembuhan luka pada kulit seperti yang disebabkan cacar maupun jerawat. Cara pemanfaatannya, yakni jagung muda diparut. Hasilnya dioleskan rutin pada luka seperti jerawat dan cacar.

MERAPI-SULISTYANTO Sri Endang Winarsih.
MERAPI-SULISTYANTO
Sri Endang Winarsih.

“Adanya daun melinjo atau sering disebut daun so ada juga manfaat kesehatannya, selain enak daun ini juga memiliki kandungan serat,” jelas Mbak Endang yang juga mempunyai usaha catering.

Kandungan serat pada daun melinjo antara lain bagus untuk menjaga kesehatan sistim pencernaan. Bahkan mampu membantu memudahkan proses persalinan atau kelahiran. Jika dibuat menjadi semacam teh kesehatan, cara membuatnya cukup mudah, yaitu dengan memilih beberapa lembar daun melinjo yang tidak terlalu tua juga tidak terlalu muda. Selanjutnya dicuci sampai bersih, lalu diiris-iris seperti halnya irisan daun tembakau dengan arah irisan melintang. Langkah selanjutnya bagaimana? Ikuti Merapi edisi berikutnya. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Bantul Belum Anggarkan Rehabilitasi Rekonstruksi Terdampak Bencana

BANTUL (MERAPI) - Pemerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2019 belum bisa menganggarkan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi wilayah yang terdampak bencana

Close