TERAPKAN RESEP ALAMI SUDAH LAMA MAUPUN BARU (10-HABIS) – Bunga Pepaya Sehatkan Sistim Pencernaan

MERAPI-SULISTYANTO Bunga pepaya (dibungkus plastik) dan sawi bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Bunga pepaya (dibungkus plastik) dan sawi bermanfaat bagi kesehatan.

SATU jenis tanaman berkhasiat obat ada yang multi manfaat, misalnya bagian daun, bunga, buah sampai akarnya. Guna memperoleh manfaatkan kesehatannya dapat menerapkan beberapa resep alami yang sudah lama ada. Bisa juga resep masih bersifat baru atau hasil inovasi terbaru.

Seperti dijelaskan Agus Kusworo di Merapi sebelumnya, pemanfaatan ngokilo atau sambung nyawa tergolong baru, antara lain dibuat produk herbal dengan dikombinasi madu murni serta bahan herbal lain. Dengan bantuan piranti modern, bisa juga diolah seperti menjadi minuman jus kesehatan, ekstrak bubuk sampai wujud kapsul.

“Cara pemanfaatan ngokilo maupun bahan alami berkhasiat lain sering ditemukan mulai dari yang sederhana serta sudah lama diterapkan sampai yang menggunakan alat-alat modern,” tegasnya, belum lama ini.

Bahkan beberapa bagian dari tanaman berkhasiat bisa dimuat masakan dengan menerapkan sejumlah resep, sehingga mempunyai cita rasa enak dan mampu mendukung kesehatan. Ketika dimasak, misalnya wujud sayur tumis, lodeh maupun cukup dikukus lalu rutin dikonsumsi diyakini memiliki manfaat kesehatan. Hal ini pun diyakini salah satu pedagang sayur di kawasan Modinan Sleman, Siti Supiyati. Wajar juga sebagian konsumen yang rutin membeli sayur di tempatnya ada cerita tentang manfaat yang bisa diperoleh.

“Beberapa jenis sayur seperti bunga, daun pepaya, pare, labu, daun bawang, seledri dan sawi selain mempunyai rasa enak setelah dimasak juga diyakini bagus untuk kesehatan,” jelas Siti.

MERAPI-SULISTYANTO Siti Supiyati.
MERAPI-SULISTYANTO
Siti Supiyati.

Salah satu tanaman berkhasiat, lanjutnya, seperti pepaya grandhel biasa dimanfaatkan bagian daun dan bunganya untuk bisa diolah menjadi masakan. Manfaat kesehatannya antara lain bisa ikut mendukung kesehatan sistim pencernaan, menjaga daya tahan tubuh dari keluhan kesehatan, meningkatkan nafsu makan serta baik bagi kesehatan jantung.Ia pun meyakini khasiat bunga pepaya tak jauh beda dengan daun pepaya. Ada sedikit rasa pahitnya justru termasuk tanda terkandung manfaat kesehatan.

“Jika pintar memasaknya termasuk dipadu bahan-bahan lain, rasa pahit pada daun maupun bunga pepaya dapat diminimkan. Campuran bahan lain yang bergizi dan enak misalnya tahu, tempe dan daging sapi,” paparnya.

Jenis sayuran sawi pun diyakini mengandung gizi dan memiliki manfaat kesehatan. Kandungan seratnya juga bagus mendukung kesehatan sistim pencernaan, musuh wasir serta sembelit. Selain itu dapat ikut mencegah dan melawan beberapa keluhan kesehatan lain secara alami atau tanpa perlu menggunakan obat-obatan kimia. Kandungan vitamin A –nya antara lain bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan indera penglihatan atau mata. Selain itu sawi juga mengandung vitamin K yang tinggi, sehingga bagus bagi kesehatan tulang.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Krokot Atasi Gangguan Pencernaan

TANAMAN berkhasiat obat tak sedikit yang banyak dimanfaatkan bagian daunnya. Antara lain daun salam, krokot, ubi, pepaya, singkong dan bayam.

Close