Krokot Atasi Gangguan Pencernaan

MERAPI-SULISTYANTO Krokot memiliki kandungan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan
MERAPI-SULISTYANTO
Krokot memiliki kandungan nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan

TANAMAN berkhasiat obat tak sedikit yang banyak dimanfaatkan bagian daunnya. Antara lain daun salam, krokot, ubi, pepaya, singkong dan bayam. Khususnya krokot diyakini memiliki kandungan aneka nutrisi bermanfaat bagi kesehatan, misalnya omega-3, vitamin A, B kompleks, C, zat besi, magnesium, kalsium, kalium dan asam amino.

Khasiat atau manfaatnya, antara lain membantu mengatasi gangguan pencernan seperti disentri, wasir dan diare. Krokot juga mempunyai sifat sebagai anti inflamasi sangat berguna sebagai obat alami peradangan pada usus buntu. Bahkan krokot juga dipercaya dapat mencegah penyakit hipertensi, karena fungsinya yang mampu membantu lancarkan sistem peredaran darah.

Bahkan herbal krokot juga mampu membantu menggempur cacingan pada usia anak-anak sampai dewasa. Kemampuannya mengeluarkan cacing dari dalam tubuh sudah ada yang membuktikan alias cocok. Sedangkan kandungan mineralnya mampu menjaga serta meningkatkan kepadatan tulang, sehingga tulang dapat terhindar dari pengeroposan. (Baca

Sebagai obat alami atau herbal, krokot juga bisa digunakan sebagai obat untuk sakit kuning atau hepatitis dan ada yang merasa cocok. Hanya saja butuh kedisiplinan atau teratur dalam mengkonsumsinya. Sedangkan bagi wanita yang mengalami keputihan, krokot dapat digunakan sebagai alternatif alami yang bisa mengatasi masalah tersebut termasuk gangguan haid. Selain itu sebagian masyarakat juga ada yang menggunakan rumput krokot untuk dapat meningkatkan stamina ataupun vitalitas tubuh, karena memiliki kandungan antioksidan. Ada pula kandungan zat besi, sehingga bisa memicu produktivitas sel darah merah dan membantu mencegah anemia.

Lain halnya dengan daun ubi jalar diyakini memiliki kandungan vitamin B kompleks, C, betakaroten, kalium dan kalsium yang cukup efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, sehingga akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung. Bahkan ikut mencegah kanker kolon, prostat serta gangguan ginjal. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
KUALIFIKASI PRA OLIMPIADE 2020 – Timnas Wanita Fokus Hadapi Myanmar

MANDALAY (MERAPI) - Tim nasional wanita Indonesia fokus untuk menghadapi tuan rumah Myanmar pada laga kedua babak kedua Kualifikasi Pra

Close