Okra Sebagai Antioksidan

MERAPI-SULISTYANTO Okra sering dijual di pasaran dengan diberi keterangan manfaat kesehatannya.
MERAPI-SULISTYANTO Okra sering dijual di pasaran dengan diberi keterangan manfaat kesehatannya.

OKRA baik jenis warna merah maupun hijau diyakini sama-sama mengandung nilai gizi serta mempunyai khasiat kesehatan. Adanya kandungan klorofil menjadikan okra bersifat sebagai antiradang, antimutagenik, antikanker dan antioksidan. Sebagian antimutagenik dan antikanker, klorofil dapat mencegah kanker hati dan kanker kolon. Sebagai antioksidan, klorofil dapat mencegah oksidasi kolesterol jahat oleh radikal bebas, sehingga pembentukan plak pada pembuluh darah atau aterosklerosis dapat dicegah. Klorofil juga diyakini dapat menyembuhkan luka tanpa disertai pembengkakan.

Cara penggunaan okra secara sederhana, yakni bagi penderita gula darah dan kolesterol, bisa menggunakan empat buah okra. Setelah dicuci bersih dirajang tipis serta direndam dalam dua gelas air. Setelah itu dimasukkan di kulkas selama kira-kira tiga jam. Hasil dari rendaman ini airnya menjadi berlendir. Selanjutnya diminum airnya saja, sebaiknya untuk diminum setelah makan. Setelah airnya habis diminum, ditambah dua gelas air lagi. Hasil rendaman kedua ini lendirnya tambah kental. Sejuk dingin rasanya serta dapat dijadikan minuman sehari-hari. Irisan okra ini dapat direndam sampai tiga kali.

Bahkan okra juga bagus rutin dikonsumsi bagi penderita diabetes, antara lain bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah.

Jenis sayur tomat organik, aneka kandungan vitaminnya dapat membantu meningkatkan kekebelan tubuh. Jenis tomat warna merah memiliki kandungan vitamin A dan C lebih banyak dibanding yang hijau. Tomat pun bagus dikonsumsi anak-anak, antara lain untuk membantu menjaga kesehatan mata dan meningkatkan imunitas tubuh. Sedangkan terung ungu, antara lain mempunyai banyak kandungan serat, beta karoten dan anti oksidan yang tinggi. Dengan kandungan ini terung diyakini dapat mencegah serangan jantung bila mengkonsumsinya secara teratur. Lalu kandungan kaliumnya yang cukup tinggi, antara lain cukup efektif mencegah serangan hipertensi atau darah tinggi. Jadi jangan ragu memanfaatkan okra untuk rutin dikonsumsi. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Maunya Mbegal Malah Kena Batunya

HIMPITAN ekonomi memaksa Harun (nama samaran) terjun ke dunia gelap. Harun yang semula anak biasa-biasa, terpaksa menjadi seorang pembegal. Walaupun

Close