TERAPKAN RESEP ALAMI SUDAH LAMA MAUPUN BARU (4) – Binahong Ungu Percepat Sembuhnya Luka

MERAPI-SULISTYANTO Binahong ungu memiliki beberapa tampilan khas dan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Binahong ungu memiliki beberapa tampilan khas dan berkhasiat.

RESEP alami untuk membantu melawan dan mencegah keluhan kesehatan diyakini tak menimbulkan berbagai efek samping. Bahkan tanpa perlu mengeluarkan banya biaya, baik menerapkan resep alami yang sudah lama ada maupun resep baru.

Seperti dijelaskan Iwan Arif di Merapi kemarin, cukup dengan rutin memakan jeruk kingkit ataupun membuat ramuan berbahan jeruk kingkit dapat membantu melawan beberapa keluhan kesehatan, misalnya batuk. Tanpa perlu ke dokter maupun membeli obat-obat berbahan kimia, diharapkan bisa lekas sembuh.

“Lain halnya ketika terserang tipes, dan tak mau ke dokter atau rumah sakit, salah satunya bisa menggunakan lidah buaya,” papar Iwan, baru-baru ini.

Cara membuat atau resepnya, yakni bagian dalam dari lidah buaya diambil serta bisa diiris kecil-kecil. Setelah itu merebus air bersih dipadu gula merah dan sejumlah rempah-rempah alami asal Indonesia seperti cengkih, manis jangan dan daun pandan. Setelah mendidih, bagian dalam lidah buaya dimasukkan. Ramuan seperti ini selain untuk terapi tipes juga sebagai musuh sakit perut.

MERAPI-SULISTYANTO Sri Herdiana.
MERAPI-SULISTYANTO
Sri Herdiana.

“Bagian dalam dari lidah buaya bisa juga diolah menjadi minuman kesehatan. Selain enak dikonsumsi, bermanfaat juga bagi kesehatan. Ketika luka seperti jatuh ataupun terkena pisau akan lekas sembuh jika dioles bagian dari dari pelepah lidah buaya,” tegasnya.

Sementara itu menurut Sri Herdiana yang akrab disapa Ana asal Kadipaten Kidul Yogya, guna mempercepat sembuhnya luka bisa juga menggunakan daun binahong termasuk juga jenis binahong ungu dan sering disebut gendola. Ia sendiri pada bagian kaki pernah kejatuhan bendho

sehingga membuat luka. Jika dibawa ke dokter, kemungkinan besar dijahit.

“Tapi cukup saya olesi bagian dalam lidah buaya. Ditambah lagi daun binahong ungu yang telah dikunyah-kunyah lalu ditempelkan di bagian luka, akhirnya bisa lekas sembuh,” jelas Ana.

Jika terserang influensa dapat juga memanfaatkan daun binahong ungu atau gendola. Resep sederhananya, yakni menggunakan daun segar gendola dengan berat sekitar 15 gram dan segera dicuci bersih menggunakan air mengalir. Setelah itu direbus dengan dua gelas air bersih. Setelah air tinggal separohnya diangkat, didinginkan dan disaring. Sebelum diminum dapat ditambah sedikit garam maupun madu. Ramuan ini rutin diminum setiap hari sampai gangguan influensanya bisa sembuh.

“Bahan alami berkhasiat lainnya, yaitu gambir. Cara pemanfaatannya sederhana bisa menerapkan model lama, maupun resep baru. Ada juga yang diproses menjadi wujud serbuk lalu dicampurkan pada minuman kesehatan,” bebernya.

Minuman berbahan gambir, manfaat kesehatannya antara lain sebagai salah satu sumber antioksidan alami yang bisa menyerang sistem yang terkena radikal bebas di tubuh. Dengan kata lain, akan mendukung imunitas atau daya tahan tubuh dari beberapa gangguan kesehatan. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Animo Masyarakat Tinggi, Kemenag Sukoharjo Permudah Pendaftaran Haji

SUKOHARJO (MERAPI) - Animo masyarakat untuk mendaftarkan sebagai calon jamaah haji semakin meningkat setiap tahun. Karenanya proses pelayanan pendaftaran calon

Close