Seroja Cegah Terjadinya Infeksi

MERAPI-SULISTYANTO Bagian daun dan bunga seroja berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Bagian daun dan bunga seroja berkhasiat.

TANAMAN hias air jenis seroja atau lotus mempunyai manfaat kesehatan, sehingga juga layak dijadikan sebagai tanaman obat. Saat berbunga apalagi ditanam secara berkelompok atau berderet, tanaman seroja mampu tampil menawan. Dengan catatan, bagian bunga maupun daun-daunnya tak terserang hama.

Adapun cara pemanfaatan seroja untuk kesehatan, dapat menerapkan resep tradisional termasuk menggunakan alat-alat sederhana maupun telah menggunakan mesin modern. Pemanfaatan untuk kesehatan terutama memilih bagian bunganya. Sedangkan bagian daun-daunnya antara lain dapat sebagai pembungkus makanan atau ikan yang bersifat alami.

Kandungan senyawa yang terkandung di dalam bunga lotus diyakini bisa membantu untuk mencegah terjadinya beberapa keluhan kesehatan atau penyakit yang timbul akibat infeksi, virus, jamur dan bakteri. Lalu biji dari bunga lotus atau seroja dapat dijadikan bahan pembuat kue, sebab kandungan tepung yang terdapat dalam bunga lotus sangat tinggi. Sedangkan biji bunganya yang masih muda dapat dijadikan bahan minuman seperti layaknya teh yang mempunyai kandungan antioksidan ataupun penangkal radikal bebas. Dengan adanya penangkal seperti ini, radikal bebas di tubuh dapat diminimalkan atau bahkan ditiadakan, sehingga kesehatan badan bisa terjaga atau mendukung imunitas tubuh.

Tak kalah penting, ekstrak etanol yang terdapat pada rimpang bunga lotus dapat secara efektif membantu dalam meningkatkan toleransi terhadap glukosa serta efektifitas insulin, sehingga dapat membantu tubuh dalam mengontrol kadar gula dalam darah. ekstrak daun dari bunga lotus sudah banyak digunakan untuk bahan aneka produk herbal alami. Kandungan didalam rimpang lotus, misalnya dapat membantu mengurangi trigliserida serum dan kolesterol. Selain itu, ekstra daun bunga ini juga memiliki efek terhadap enzim pencernaan yang dapat menghambat penyerapan karbohidrat sehingga dapat mencegah obesitas atau berat badan berlebih.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Kampung Jokowi – Maruf Bermunculan di Solo

SOLO (MERAPI) - Kampung pendukung utama Jokowi - Maruf Amin bermunculan di Solo menyusul dibentuknya 16 RW (Rukun Warga) di

Close