TERAPKAN RESEP ALAMI SUDAH LAMA MAUPUN BARU (3) – Singkirkan Batuk dengan Jeruk Kingkit

MERAPI-SULISTYANTO Dengan menerapkan sejumlah resep, jeruk kingkit sebagai musuh batuk.
MERAPI-SULISTYANTO
Dengan menerapkan sejumlah resep, jeruk kingkit sebagai musuh batuk.

SEIRING kemajuan teknologi, pemanfaatan bahan alami berkhasiat bisa menerapkan beberapa resep baru. Namun tak dapat dipungkiri, masih ada juga yang menerapkan resep alami model lama seperti telah dilakukan nenek moyang kita.

Ketika memanfaatkan bahan alami dari satwa, misalnya jenis kerang hijau dapat dimasak model baru atau kekinian. Seperti dijelaskan Tini S di Merapi edisi sebelumnya, kerang bisa dimasak rica-rica. Dengan perpaduan beberapa rempah dan bercitarasa pedas banyak yang suka. Artinya juga tak sekadar direbus maupun digoreng.

“Selain jenis kerang hijau, kerang dara juga diyakini mempunyai banyak kandungan gizi dan manfaat kesehatan,” tandas Tini, baru-baru ini.

Adanya kandungan kalsium pada kerang akan berperan dalam usaha menjaga kesehatan tulang. Selain itu menjadikan luka pada kulit bisa lebih cepat proses penyembuhannya. Cara yang dilakukan antara lain cukup rutin mengkonsumsi kerang. Ditambah lagi karena dalam daging kerang juga ada kandungan mineral jenis seng. Sedangkan kandungan asam lemak omega- 3 pada kerang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Tak kalah penting, dengan rutin mengkonsumsi kerang asal tak berlebihan, bisa membantu mengatasi rasa nyeri pada sendi. Alasannya, kandungan vitamin B12 di dalam daging kerang bisa meningkatkan fungsi syaraf tubuh.

“Bahan baku kerang untuk dibuat masakan enak dan menyehatkan seperti rica-rica, Alhamdulillah sudah ada supliernya,” ungkap Tini.

Sementara itu menurut Iwan Arif yang punya tempat tinggal di kawasan Balecatur Sleman, bahan alami wujud jeruk kingkit yakini mempunyai banyak manfaat kesehatan termasuk untuk membantu menyingkirkan serangan batuk. Produk obat batuk herbal jenis cair, dipercaya ada yang menggunakan bahan baku jeruk kingkit, namun pengolahannya sudah menggunakan piranti modern.

“Pemanfaatan secara sederhana dan telah lama diterapkan di masyarakat, misalnya beberapa buah jeruk kingkit dicuci bersih lalu diwenyet-wenyet, dibuang bijinya dan dicampur madu murni secukupnya sebelum dikonsumsi,” urai Iwan.

MERAPI-SULISTYANTO Iwan Arif.
MERAPI-SULISTYANTO Iwan Arif.

Resep alami lainnya, untuk melawan serangan batuk berdahak, yakni cukup dengan rutin mengunyah buah jeruk kingkit. Dapat juga menggunakan 10 buah jeruk kikit yang sudah matang yang dicuci bersih dan dibuang bijinya. Setelah itu ditambah 200 gram gula jawa. Bahan-bahan ini dimasukkan kedalam 300 mililiter air, lalu direbus sampai mendidih. Setelah disaring, ramuan seperti ini rutin diminum tiga kali sehari.

“Selain jeruk kingkit, tanaman lidah buaya juga ada yang merasa cocok ketika untuk melawan tipes. Bagian dalam dari lidah buaya diambil, bisa diiris kecil-kecil. Lalu merebus air diberi gula merah dan beberapa rempah seperti cengkih, manis jangan dan daun pandan. Setelah mendidih, bagian dalam lidah buaya dimasukkan. Ramuan seperti ini selain untuk terapi tipes juga dapat melawan sakit perut,” papar Iwan. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Berbelanja di Hari yang Salah

SUATU hari Towo dan istrinya (bukan nama sebenarnya) pergi berbelanja di sebuah pasar tradisonal yang cukup ramai di desanya. Pasar

Close