Tebu Musuh Jantung Berdebar

MERAPI-SULISTYANTO Tanaman tebu mempunyai manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman tebu mempunyai manfaat kesehatan.

TANAMAN jenis tebu sudah banyak dikenal berbagai kalangan. Bagian batang tebu sebagai bahan baku pembuatan gula pasir. Beberapa warga ada yang senang menanam tebu di pekarangan rumah, sekadar untuk perindang, sebagai hiasan ataupun dimanfaatkan khasiat kesehatannya.

Selain itu sering juga kita melihat penjual sari tebu dengan menggunakan gerobak khusus. Sari tebu antara lain diyakini mempunyai khasiat kesehatan seperti membantu terapi untuk meredakan batuk, sebagai musuh jantung berdebar, meredakan panas tinggi, menyembuhkan pegal linu dan mengatasi kerusakan gigi. Selain itu tebu juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat dimakan langsung, namun sepahnya dibuang. Lain halnya jika ingin diproses sampai mendapatkan sari tebu ada beberapa cara. Misalnya, batang tebu di potong-potong dengan panjang rata-rata 50 cm.

Setelah itu dibelah menjadi dua dan diperas dengan menggunakan piranti khusus. Air hasil perasan masih disaring agar serat-serat yang tercampur bisa terambil. Tak perlu menambah zat pemanis ke dalam sari tebu tersebut, sebab sari tebu sudah punya rasa manis. Selain mempunyai khasiat kesehatan seperti di atas, air tebu juga mempunyai kandungan vitamin B2 cukup tinggi.

Adapun resep alami lainnya untuk membantu melawan jantung berdebar, yaitu menggunakan empat batang tanaman krokot. Setelah dicuci bersih, bahan alami ini digiling atau ditumbuk sampai halus. Selanjutnya diseduh dengan setengah gelas air panas dan satu sendok makan madu. Ramuan ini diminum dua kali sehari. Hanya saja ramuan seperti ini tak dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil, sebab dapat memicu bayi lahir dengan keadaan cacat.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Perang Bharatayudha di Rumah Ki Dalang

KI Bagas (nama samaran) adalah dalang yang cukup kondang di desanya. Kelihaiannya memainkan wayang ditambah suara yang khas dan joke-joke

Close