BAHAN ALAMI BERFAEDAH BAGI KESEHATAN MANUSIA (8) – Daun Afrika Lawan Kolesterol Jahat

MERAPI-SULISTYANTO Daun Afrika mempunyai beberapa khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Daun Afrika mempunyai beberapa khasiat kesehatan.

TETAP lestarinya pemanfaatan bahan-bahan alami, antara lain dipengaruhi karena memberi faedah atau manfaat kesehatan bagi manusia. Sebagian bahan alami berkhasiat biasa dimanfaatkan pula misalnya sebagai bumbu masakan serta campuran minuman kesehatan.

Seperti telah dijelaskan Ahmad Tauhid di Merapi sebelumnya, rimpang kunir termasuk yang banyak dimanfaatkan warga, misalnya sebagai pewarna alami, bahan bumbu dan bisa diproses menjadi minuman kesehatan dengan dipadu bahan lain. Rimpang ini diyakini dapat berkhasiat sebagai antibiotik alami, membantu melunturkan toksin di tubuh (proses detoksifikasi).

“Ketika dijadikan sebagai pewarna alami, seperti untuk beberapa jenis makanan atau masakan akan didapat juga manfaat kesehatan dari kunir atau kunyit,” paparnya, belum lama ini.

Tak ketinggalan, kunyit juga diyakini bisa mendukung kesehatan kulit, anti peradangan, meredam bau badan, gatal-gatal, mencegah keputihan, memperlancar haid serta meredam nyeri haid. Bahkan dapat membantu meluruhkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh. Selain kunir, rimpang wujud jahe juga banyak manfaat kesehatannya. Dalam dunia kuliner maupun kesehatan, kedua rimpang empon-empon ini pun cukup populer.

Pemanfaatan jahe misalnya dijadikan bahan minuman kesehatan, termasuk banyak peminatnya. Apalagi saat musim penghujan maupun pergantian musim, dengan rutin mengkonsumsi minuman berbahan jahe antara lain bisa membantu memperlancar aliran darah, musuh kesemutan/rematik serta menghangatkan badan. Alhasil, jahe dapat dijadikan bahan alami pendukung daya tahan (imunitas) tubuh atau sebagai ikhtiar tak mudah terserang gangguan kesehatan.

Sementara itu menurut warga Bekasi yang biasa ke Yogya, Andri Jois, bahan alami wujud daun Afrika juga diyakini memiliki beberapa khasiat kesehatan. Sebagian merasa cocok antara lain ketika dijadikan musuh darah tinggi (hipertensi), membantu melawan kolesterol jahat di dalam tubuh. Kolesterol jahat antara lain bisa memicu keluhan kesehatan seperti seperti gagal ginjal, jantung serta stroke dan gagal ginjal.

“Pemanfaatan daun Afrika cukup beragam, misalnya ada yang berani dikonsumsi langsung menjadi semacam lalapan, dikeringkan lalu menjadi semacam teh ataupun daun segar direbus,” urainya.

MERAPI-SULISTYANTO Andri Jois.
MERAPI-SULISTYANTO
Andri Jois.

Jika cukup direbus, tahapan yang bisa diterapkan, yaitu memakai rebusan dari daun Afrika kering atau diseduh layaknya membuat minuman teh. Bahkan minuman berkhasiat seperti ini dapat juga ditambah madu murni dan air jeruk nipis untuk menghilangkan rasa pahit khas daun Afrika. Bagi pemilik penyakit jantung, penyakit ini bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab. Secara medis penyakit jantung disebabkan karena ketidakmampuan jantung dalam mengolah dan mengatur pompa jantung yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Rebusan dari daun Afrika yang sudah kering, dipercaya bisa meningkatkan senyawa pencegah penyakit jantung menjadi lebih maksimal. Senyawa yang terdapat dalam daun Afrika bisa meluruhkan plak-plak dalam pembuluh darah ke jantung. Dengan demikian kesehatan jantung bisa lebih terjaga. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
ilustrasi
Keamanan Kota Yogya

TERKADANG ada ironi ketika kita menyebut Yogya sebagai kota yang aman. Sebab, pada saat bersamaan, justru terjadi aksi pembacokan, entah

Close