Bubur Jagung Perlancar Air Seni

MERAPI-SULISTYANTO Bubur jagung memiliki banyak manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Bubur jagung memiliki banyak manfaat kesehatan.

HASIL pertanian wujud jagung, antara lain dapat dimanfaatkan menjadi makanan enak dan menyehatkan. Cukup mudah diwujudkan, misalnya dengan direbus ataupun dibakar. Bahkan bisa juga dibuat menjadi bubur jagung. Bubur jenis ini ketika dipadu bahan-bahan lain diyakini semakin banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh.

Bahan baku wujud jagungnya, antara lain membantu menghancurkan batu empedu dan banyak mengandung vitamin C dan zat likopen. Zat ini diyakini sebagai anti oksidan. Ketika diolah menjadi bubur antara lain dapat dipadu dengan bahan-bahan alami berkhasiat seperti bubuk pegagan, bee pollen, beras merah dan irisan wortel. Tak ketinggalan, dapat ditambah lagi rebusan mutiara dan sejumlah bumbu rempah, menjadikan bubur jagung bisa semakin enak, mengenyangkan serta menyehatkan.

Manfaat yang dapat diperoleh, misalnya membantu menjaga stamina, memperlancar air seni, sebagai nutrisi otak dan usaha pemenuhan gizi yang dibutuhkan tubuh. Adapun manfaat atau khasiat bahan pendukungnya seperti pegagan antara lain berkhasiat membantu meningkatkan kemampuan syaraf memori, ketahanan tubuh, membersihkan darah dan memperlancar air seni. Selain itu mampu memperbaiki sistem daya ingat bagi orang-orang yang mengalami kemunduran fungsi otak dan daya ingat. Sedangkan bee pollen mengandung 18 jenis asam amino (protein) essensial, 14 mineral, vitamin A, B, C, D serta E. Masih mengandung juga hormon pertumbuhan maupun hormon reproduksi.

Selain itu bubur jagung juga bisa dipadu dengan susu kambing. Susu kambing antara lain berkhasiat membantu menjaga keseimbangan metabolisme tubuh. Bahkan, ikut mencegah anemia, memperlambat osteoporosis dan melawan plek paru-paru. Sebaiknya juga olahan bubur jagung tanpa perlu diberi pengawet dan pemanis buatan. Jagung yang direbus bersama bagian rambut jagung dipercaya juga bisa sebagai musuh bebuyutan darah tinggi (hipertensi). (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
TERCIPTANYA PERAHU RAJAMALA (3) – Menyimpan Energi Magis, Kebanggaan Keraton Surakarta

MESKI saat ini perahunya sudah tidak ada, namun canthik Rajamala masih tersimpan di Museum Radyapustaka Keraton Surakarta Hadiningrat. Dipercaya canthik

Close