BAHAN ALAMI BERFAEDAH BAGI KESEHATAN MANUSIA (7) – Kunir Bantu Proses Detoksifikasi di Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO Kunir termasuk bahan alami berfaedah atau berkhasiat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Kunir termasuk bahan alami berfaedah atau berkhasiat bagi kesehatan.

ANEKA bahan alami berfaedah bagi kesehatan manusia penting dimanfaatkan semaksimal mungkin. Cara pemanfaatan sederhana sampai modern dapat ditemukan di masyarakat.

Beberapa jenis tanaman sayur dan empon-empon diyakini memiliki banyak manfat kesehatan. Seperti dijelaskan Suprihadi di Merapi sebelumnya, aneka jenis sayuran mempunyai manfaat kesehatan. Umbi wortel antara lain, membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Lalu kandungan seratnya bisa mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu bisa membantu melawan sejumlah gangguan pada kulit seperti jerawat, bengkak bernanah serta kulit kering.

“Asupan berbahan wortel bisa juga mendukung kesehatan mata, karena memiliki kandungan vitamin-A yang tinggi,” tegas Supri, baru-baru ini.

Jenis sayur lainnya, seperti brokoli diyakini pula mempunyai nilai gizi serta bagus untuk kesehatan. Kandugan vitamin serta minerlanya antara lain vitamin A, C, B, zat besi, seng dan asam folat. Rutin mengkonsumsi olahan brokoli antara lain dapat membantu memperkuat sistim kekebalan tubuh terhadap berbagai jenis keluhan kesehatan. Termasuk juga ikut mengurangi toksin di tubuh.

Ditemui secara terpisah, Ahmad Tauhid warga kawasan Nogotirto Sleman mengungkapkan, rimpang kunir dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang serta memiliki khasiat kesehatan. Selain sebagai bumbu, bisa pula dijadikan bahan pembuatan minuman jamu jenis kunir asem. Bahkan asupan yang menggunakan bahan kunir seperti nasi kuning juga bisa berdampak bagus bagi kesehatan.

“Kunir termasuk bahan alami bermanfaat bagi kesehatan manusia, misalnya dapat sebagai antibiotik alami dan bagus untuk menjaga kesehatan sistim pencernaan,” paparnya.

Tak kalah penting, kunir dapat membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Dengan kata lain, bisa ikut menyingkirkan racun atau toksin di dalam tubuh, sehingga akan membantu menjaga agar tubuh bisa tetap sehat dan bugar. Tak ketinggalan, khususnya bagi kaum wanita diyakini dapat berfungsi sebagai pelancar haid serta mampu meredam nyeri haid. Ketika diolah menjadi minuman kesehatan jenis kunir asam antara lain dapat membantu mencegah ataupun melawan gangguan sistem pencernaan, mendukung kesehatan kulit, anti peradangan, meredam bau badan, gatal-gatal, mencegah keputihan serta meluruhkan lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

MERAPI-SULISTYANTO Ahmad Tauhid.
MERAPI-SULISTYANTO
Ahmad Tauhid.

“Berbagai jenis makanan tradisional, ketika ingin dibuat warna kuning, sebaiknya juga menggunakan warna alami, misalnya dari rimpang kunir atau kunyit,” tandas Ahmad.

Sebagian jenis jamu tradisional, memanfaatkan juga secara tunggal ataupun saling dipadukan sejumlah empon-empon berfaedah bagi kesehatan. Selain kunir, ada pula kencur, temulawak, kunir putih dan jahe. Ketika sejumlah bahan alami dari empon-empon serta rempah lalu dipadu dengan perasan daun pepaya, antara lain bisa dijadikan sebagai jamu jenis uyub-uyub. Jamu ini antara lain diyakini ikut mendukung kelancaran keluarnya air susu ibu dan menjaga kesehatan badan.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Dilindungi Undang Undang, Dua Tempat BCB Resmi Dipasangi Plakat

SUKOHARJO (MERAPI) - Pemkab Sukoharjo akhirnya resmi memasang plat di areal persawahan di wilayah Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo Kota karena

Close