BAHAN ALAMI BERFAEDAH BAGI KESEHATAN MANUSIA (6) – Bantu Cegah Kanker dengan Wortel

MERAPI-SULISTYANTO Wortel dikombinasi dengan bahan lain bisa menjadi asupan bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Wortel dikombinasi dengan bahan lain bisa menjadi asupan bermanfaat bagi kesehatan.

ASUPAN berbahan alami ketika rutin dikonsumsi akan berfaedah bagi kesehatan manusia. Jika berasal dari tumbuhan, bahan alami bermanfaat antara lain bisa diperoleh dari bagian daun, biji, bunga, buah, akar/umbi serta kulit batang.

Seperti telah dijelaskan Ny Harmini di Merapi sebelumnya, aneka bahan alami pendukung makanan jenis sego wiwit diyakini mempunyai manfaat kesehatan. Satu di antaranya jenis sambal gepeng dengan bahan bakunya kedelai. Tak ketinggalan dipadu dengan rempah-rempah sebagai bumbu, misalnya ada cabe, bawang putih, kencur maupun merica.

Tak ketinggalan, ia dan konsumen pun banyak meyakini nasi pecel dengan dilengkapi beberapa jenis sayur juga bermanfaat bagi kesehatan. Bahan baku wujud sayur tauge, bayam serta wortel memiliki khasiat kesehatan. Sayur seperti ini bisa juga dikombinasikan saat membuat jenis makanan lain, misalnya lotek serta karedok.

“Cara pemanfaatan jenis sayur bayam, tauge dan wortel cukup beragam. Ketika rutin dikonsumsi dalam wujud olahan makanan, ataupun dibuat minuman seperti jus sayur akan mampu mendukung kesehatan manusia,” paparnya, baru-baru ini.

Bahan alami wujud tauge antara lain bisa membantu mencegah serangan kanker,seperti kanker payudara dan usus. Selain itu dapat menjaga badan tetap sehat. Tak kalah penting, kandungan estrogen alami yang terdapat dalam tauge berfungsi sama dengan estrogen sintetis, tapi yang ini tanpa efek samping. Estrogen dalam tauge antara lain dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang dan mencegah rapuh tulang.

Hal senada diungkap warga Tridadi Sleman, Suprihadi, antara lain menegaskan, sebagian jenis sayur cocok diolah menjadi makanan dengan rasa khas dan mempunyai manfaat kesehatan. Jenis wortel diyakini mampu membantu mencegah kanker. Terutama kandungan anti oksidannya, menjadikan wortel memiliki manfaat tersebut. Tak kalah penting, wortel termasuk sayuran yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, lalu kandungan vitamin A-nya yang tinggi, ikut mencegah rabun senja serta memperbaiki penglihatan lemah.

“Pemanfaatan wortel untuk dijadikan suatu masakan dapat dikombinasi dengan jenis sayur lain, seperti kembang kol, tauge, brokoli dan lain sebagainya. Selain memiliki rasa khas, kombinasi bahan alami seperti ini memiliki manfaat kesehatan dan bisa rutin dikonsumsi,” jelas Supri.

Adapun manfaat penting lain dari wortel, misalnya dapat membantu menurunkan kolesterol jahat di dalam darah. Kandungan seratnya antara lain dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya konstipasi. Selain itu biasa juga dimanfaatkan wortel guna mengatasi sejumlah gangguan pada kulit seperti jerawat, bengkak bernanah maupun kulit kering. Masalah-masalah seperti ini antara lain dipicu kebiasaan minum alkohol, obat-obatan, rokok dan diet. Alhasil, menimbulkan kondisi asam yang tinggi dalam darah. Dengan rutin mengonsumsi asupan berbahan wortel, termasuk dibuat jus wortel diharapkan mampu mengatasi gangguan pada kulit seperti itu.

“Suatu hal disyukuri juga tanaman wortel mudah dibudidayakan di beberapa tempat di Indonesia. Harga di pasaran termasuk aneka jenis sayur lainnya juga tak mahal,” imbuhnya. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Susu Kambing Sebagai Penawar Toksin

TOKSIN atau racun di dalam tubuh, jika semakin banyak akan berdampak negatif bagi kesehatan. Toksin ini bisa masuk ke tubuh,

Close