BAHAN ALAMI BERFAEDAH BAGI KESEHATAN MANUSIA (2) – Ikan Cethul Dukung Imunitas Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO Olahan ikan cethul seperti cukup digoreng bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan ikan cethul seperti cukup digoreng bermanfaat bagi kesehatan.

BAHAN alami baik berasal dari tumbuhan maupun satwa yang berguna atau berfaedah bagi kesehatan manusia cukup beragam jenisnya. Sebagian telah dimanfaatkan secara turun-temurun dan digunakan dalam jangka panjang tak berdampak negatif bagi kesehatan.

Hanya saja penggunaannya akan lebih baik jika tak berlebihan, meski terasa enak saat dijadikan santapan sehari-hari. Seperti halnya dijelaskan Suyar di Merapi edisi sebelumnya, sayur genjer dengan ditambah bumbu-bumbu tertentu serta ebi akan terasa nikmat disantap dengan nasi masih hangat. Manfaat kesehatan yang didapat pun tak sedikit.

“Selain enak dengan cita rasa khas, olahan wujud sayur genjer juga bagus bagi kesehatan,” beber Suyar, baru-baru ini.

Khasiat genjer ketika diolah menjadi sayur, sebutnya, tak jauh beda dengan olahan beberapa jenis sayur menyehatkan lain seperti bayam, kangkung, daun pepaya, sawi dan kacang panjang. Sebagian jenis buah, bahkan yang tampak sepele antara lain duwet (jamblang) serta jambu monyet diyakini pula memiliki beberapa khasiat kesehatan. Cara pemanfaatannya juga ada yang model sederhana, misalnya cukup rutin memakan bahan alami tersebut.

“Duwet selain mempunyai nilai gizi, dapat membantu juga mempercepat sembuhnya batuk dan mencegah batuk maupun beberapa keluhan kesehatan lain,” tegasnya.

Ditemui terpisah pemilik usaha kuliner di kawasan Ngestiharjo Bantul, Ny Mujilah mengungkapkan, beberapa jenis ikan asal sungai seperti cethul dan wader diyakini memiliki manfaat kesehatan. Jenis olahan ikan ini seperti cukup digoreng, antara lain bisa dijadikan lauk-pauk bahkan camilan dengan cita rasa dominan gurih-lezat. Penggemarnya datang dari berbagai kalangan, bahkan usia anak-anak pun senang mengkonsumsinya.

“Bahan baku ikan asal sungai seperti ini, kami mengandalkan setoran dari beberapa pengepul. Sebelum maupun saat dimasak, tak ada tambahan bahan sintetis seperti zat pengawet. Semua bersifat alami dan diharapkan bisa mendukung kesehatan badan,” jelasnya.

MERAPI-SULISTYANTO Ny Mujilah.
MERAPI-SULISTYANTO
Ny Mujilah.

Olahan ikan cethul maupun jenis ikan lain asal sungai seperti wader, gabus dan lele lokal memiliki kandungan protein tinggi, sehingga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya meningkatkan atau mendukung kekebalan (imunitas) tubuh dan meningkatkan masa pertumbuhan otot.

Selain itu kandungan asam lemak omega-3 seperti pada jenis ikan lainya, juga berdampak bagus bagi kesehatan. Asam lemak omega 3 sangat bermanfaat bagi kesehatan, terlebih pada masa anak-anak antara lain sebagai peningkatkan fungsi saraf dan perkembangan saraf pada anak. Ada lagi kandungan zat besi pada cethul, manfaat kesehatannya antara lain bagus bagi pertumbuhan tulang dan menjaga tulang dari berbagai jenis gangguan kesehatan seperti terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis).

“Contoh cara mencegah gangguan kesehatan pada tulang, yaitu dengan rutin memakan beberapa jenis ikan, bahkan bisa jenis cethul dan wader,” papar Ny Mujilah.(Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Memergoki Ibu Sedang …

HARI itu para guru ada acara rapat menjelang kenaikan kelas. Karena itu, para siswa dipulangkan lebih awal. Banyak anak-anak yang

Close