Daun Encok Vs Radang

Daun encok memiliki khasiat obat alami
Daun encok memiliki khasiat obat alami

TANAMAN berkhasiat obat alami, bernama daun encok diyakini mampu membantu melawan atau meredakan peradangan akibat rematik, yakni daun encok. Resep sederhana memanfaatkannya, yaitu cukup menyiapkan segenggam daun encok yang masih segar. Bahan ini lalu dicuci sampai bersih dan ditumbuk halus. Selanjutnya air hangat secukupnya dan diaduk sampai adonan terlihat seperti bubur. Bahan ini dapat langsung digunakan, sebanyak dua kali sehari untuk membalur bagian tubuh yang terkena peradangan akibat serangan rematik. Hanya saja penggunaan di bagian luar tubuh ini tak lebih setengah jam. Jika lebih malah menyebabkan lepuh mirip luka bakar.

tanaman daun encok bisa diperbanyak dengan setek bagian batang. Ketinggian tanaman ini bisa sampai kisaran dua meter, batangnya berkayu, berbentuk bulat, memiliki alur serta cabang. Daunnya berbentuk tunggal dan bertangkai, dengan panjang antara 1,5 sampai 2,5 cm dan bagian pangkal tangkai daun yang agak melebar. Adapun nama lain dari tanaman ini, misalnya ki encok (Sunda), godhong encok, poksor (Jawa), kareka (Madura) dan bama (Bali).

Cara pemanfaatan lainnya, yakni untuk memar, keseleo dan kurap. Jika menggunakan bagian akarnya, yaitu akar sejumlah 10 – 15 gram direbus lebih dari empat jam. Air rebusannya dioles untuk mengatasi gangguan tersebut. Ada lagi bagian daun diremas lantas ditempatkan di bagian badan yang terkena sakit pinggang, memar, kurap, kusta, skabies, sakit kepala atau ditempatkan di perut sisi bawah apabila kencing kurang lancar. Namun perlu juga diingat, waktu memakai remasan daun ini tak lebih dari setengah jam agar tak muncul lepuh pada kulit. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Daun Bungur Lawan Hipertensi

BUNGUR termasuk tanaman peneduh yang tampil khas, apalagi saat berbunga. Pemilik nama ilmiah Lagerstroemia speciosa ini sering dimanfaatkan sebagai tanaman

Close