BEBASKAN GANGGUAN KESEHATAN SECARA AMAN (8) – Jus Durian Turunkan Risiko Depresi

MERAPI-SULISTYANTO Jus durian mampu mendukung kesehatan badan asal tak berlebihan mengkonsumsinya.
MERAPI-SULISTYANTO
Jus durian mampu mendukung kesehatan badan asal tak berlebihan mengkonsumsinya.

SEBAGIAN bahan alami berkhasiat sudah biasa digunakan warga untuk membantu membebaskan maupun mencegah aneka keluhan kesehatan. ada berbagai pilihan. Apalagi bagi warga yang senang memanfaatkan bahan-bahan alami ataupun herbal yang diyakini aman.

Satu di antaranya memanfaatkan bagian tanaman dari bambu kuning maupun durian. Pemanfaatan bambu kuning seperti telah dijelaskan warga Mantrijeron Wawan K di Merapi sebelumnya, terutama bagian akar dan rebungnya. Bahkan cukup mengkonsumsi olahan rebung dari jenis bambu ini antara lain dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, melarutkan kolesterol jahat dan melancarkan peredaran darah.

“Ada lagi yang meyakini, bambu kuning dapat membantu terapi melawan penyakit kuning atau liver,” paparnya, baru-baru ini.

Tak kalah penting, rebung bambu kuning mengandung lignan antara lain bermanfaat sebagai musuh kanker alias anti kanker. selain itu ada juga kandungan asam fenolik, antara lain bermanfaat sebagai antioksidan serta ikut menjaga sistem imunitas di dalam tubuh agar tak gampang terserang beberapa gangguan kesehatan.

Ditemui secara terpisah, salah satu pengelola kuliner Bale Sumilir di Kamal Wetan Margomulyo Seyegan, Hermawan mengungkapkan, beberapa minuman jus buah diyakini memiliki khasiat kesehatan. Satu di antaranya jus berbahan daging durian atau jus durian. Ketika rutin dikonsumsi akan mampu mendukung kesehatan, baik sebagai usaha pencegahan maupun pembebasan dari gangguan kesehatan.

“Daging durian dan aneka olahannya seperti jus buah durian memiliki rasa serta aroma khas. Ketika rutin dikonsumsi asal tak berlebihan akan berdampak bagus bagi kesehatan,” jelas Hermawan.

Manfaat atau khasiat kesehatannya, antara lain membantu menurunkan risiko depresi, meningkatkan nafsu makan dan jika mampu mengkonsumsi dengan porsi tepat, dapat mendukung sistem pencernaan yang sehat termasuk kesehatan bagian lambung. Beberapa kandungan vitamin dan zat penting lain dalam durian, dipercaya juga ikut membantu melawan dan mencegah migrain ataupun sakit kepala.

MERAPI-SULISTYANTO Hermawan.
MERAPI-SULISTYANTO – Hermawan.

“Selain dapat diolah menjadi minuman jus, daging durian bisa juga dibuat menjadi es krim, pancake dan isi bakpia,” imbuhnya.

Beberapa jenis minuman lain, lanjutnya, seperti berbahan buah, cincau, empon-empon dan rempah-rempah juga dipercaya mempunyai manfaat kesehatan. Jenis buah biasa dibuat minuman jus, selain daging durian ada juga alpukat, sirsak, jambu biji, melon, stroberi dan semangka. Berbahan rempah/empon-empon antara lain ada kunyit, kencur, jahe, kapulaga, secang dan cengkih.

Bahan masakan seperti daging ayam, ikan lele, nila dan gurami memiliki juga nilai gizi serta bermanfaat bagi kesehatan. Dalam daging ayam antara lain kaya protein, vitamin dan mineral. Manfaat kesehatannya seperti meningkatkan sistem imunitas tubuh. Lalu kandungan kalsium dan fosfornya mendukung pertumbuhan tulang, cocok untuk rutin dikonsumsi terlebih saat masa pertumbuhan anak. (Yan)

Read previous post:
PENGEPUNGAN MATARAM ATAS BATAVIA 1628 DAN 1629 (2) – Desas-sesus Penyerbuan Mulai Didengar

KUMPENI Belanda tetap tidak mau bersikap merendahkan diri, sehingga kemudian menyebabkan hubungan Mataram-Kumpeni semakin buruk. Tahun 1627 perhatian Mataram tersedot

Close