Cocor Bebek Lawan Muntah Darah

MERAPI-SULISTYANTO - Tanaman cocor bebek mempunyai manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO – Tanaman cocor bebek mempunyai manfaat kesehatan.

TANAMAN jenis cocor bebek dapat dimanfaatkan sebagai tananam hias, baik ditanam di tanah langsung maupun pot. Selain itu cocor bebek juga bisa sebagai obat alami untuk membantu melawan beberapa keluhan kesehatan, seperti muntah darah, radang amandel dan nyeri lambung.

Jika digunakan untuk membantu melawan muntah darah, antara lain bisa menerapkan resep, dengan lima sampai tujuh lembar daun cocor bebek dilumatkan. Selanjutnya ditambah gula merah, ditim dan diminum saat masih hangat. Sedangkan sebagai musuh nyeri lambung, cara membuat ramuannya, yaitu cukup memanfaatkan lima lembar daun cocor bebek. Bahan ini lalu diperas/ditumbuk dan ditambah sedikit garam. Selanjutnya segera diminum air perasan tersebut.

Lain halnya jika digunakan untuk melawan wasir, caranya daun cocor bebek dicuci bersih. Setelah itu diangin-anginkan sampai kering dan ditumbuk sampai menjadi bubuk. Lalu diseduh dengan satu sendok bubuk dengan air panas dalam cangkir. Selanjutnya ditambah satu sendok madu. Hasilnya diminum hangat-hangat, tiga kali perhari. Bahkan daun cocor bebek dapat membantu mengatasi radang amandel. Cara membuat ramuannya, yakni 10 lembar daun cocor bebek dilumatkan. Setelah itu bagian airnya digunakan untuk kumur-kumur.

Daun cocor bebek pun mengandung vitamin A, tannin, asam lemon dan asam apel. Ada lagi yang meyakini, daun cocor bebek dapat digunakan sebagai obat tradisional membantu menyembuhkan sakit kepala, batuk, borok dan penyakit kulit lainnya. Jadi tak ada salahnya menanam cocor bebek baik difungsikan sebagai tanaman hias sekaligus sebagai tanaman berkhasiat obat alami.

Tak kalah penting, khasiat daun cocor bebek pernah diteliti oleh para peneliti dari Universitas Osaka Jepang dan hasilnya daun cocor bebek mengandung senyawa yang sangat efektif untuk membantu memusnahkan sel mutan penyebab kanker (Bryopgikkian A). Daun cocor bebek pun mengandung vitamin A, tannin, asam lemon dan asam apel. Ada lagi yang meyakini, daun cocor bebek dapat digunakan sebagai obat tradisional membantu menyembuhkan sakit kepala, batuk, borok dan penyakit kulit lainnya. Sudah selayaknya jika jenis tanaman berkhasiat ini dilestarikan keberadaannya. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Tangan Tak Bisa Digerakkan

DEPAN rumah kakekku akan didirikan bangunan sekolah. Sejak dilakukan proses perencanaan hingga serah terima wakaf itu, Lik Gino (bukan nama

Close