BEBASKAN GANGGUAN KESEHATAN SECARA AMAN (5) – Beras Kencur Bantu Redam Sakit Kepala

MERAPI-SULISTYANTO Beras kencur wujud serbuk instan dapat dijadikan minuman kesehatan serta rutin diminum.
MERAPI-SULISTYANTO Beras kencur wujud serbuk instan dapat dijadikan minuman kesehatan serta rutin diminum.

BERAGAM tanaman bermanfaat atau berkhasiat mudah didapat di negara kita tercinta ini. Tak kalah penting, berbagai kalangan sudah merasakan khasiat dari bagian-bagian tanaman tersebut, baik dalam usaha membantu mencegah maupun membebaskan gangguan kesehatan.

Selain harga lebih terjangkau, ketika rutin dikonsumsi aman juga bagi kesehatan. Satu di antaranya olahan daun tanaman teh menjadi minuman teh dan dapat dikombinasi dengan kuning telur, serbuk biji pinang serta perasan jeruk nipis. Minuman kesehatan seperti ini telah dijelaskan Desnawika di Merapi sebelumnya, antara lain bisa mendukung daya tahan tubuh.

“Selain itu bisa membantu menghangatkan badan, menjaga stamina dan memperlancar aliran darah,” ungkap Desna, belum lama ini.

Adanya tambahan kuning telur, antara lain mampu memberikan zat dibutuhkan tubuh seperti protein, zat besi , kalori, vitamin A, karbohidrat , vitamin E, lemak omega-3, vitamin C, vitamin D serta lecithin. Protein dalam telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk hidup sehat. Selain itu jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagiannya dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak di tubuh.

“Jenis kuning telur yang digunakan, bisa dari telur ayam kampung maupun bebek. Telur jenis ini biasa juga dicampurkan pada jamu tradisional, selain banyak gizinya bagus juga untuk kesehatan termasuk membantu melawan kelelahan dan pegal-pegal di badan,” urainya.

Ditemui secara terpisah, Haryadi salah satu kru kuliner Bali nDeso di Mlati Sleman mengungkapkan, minuman berbahan kencur dan beras atau biasa disebut beras kencur bagus untuk mendukung kesehatan. Produk herbal ini antara lain ada yang berwujud serbuk instant serta cair segar. Manfaatnya bagi kesehatan, misalnya membantu membebaskan perut kembung, mual karena masuk angin, musuh batuk, sakit kepala serta gatal tenggorokan. Selain itu diyakini dapat menambah tenaga, menyegarkan badan serta mengurangi nyeri, lelah maupun capek-capek.

MERAPI-SULISTYANTO
Haryadi.

“Minuman alami seperti ini dapat juga membantu melancarkan aliran darah. Ada yang senang meminum masih hangat maupun dingin dengan ditambah es batu,” beber Haryadi.

Adapun cara sederhana membuat beras kencur, antara lain dengan menghaluskan beras yang sudah sangrai. Lalu ditambahkan air, disaring dan diambil sarinya. Setelah itu disisihkan sejenak dan dicampurkan air parutan rimpang kencur, selanjutnya disaring dan disisihkan dahulu. Langkah berikutnya mendidihkan air beserta gula merah, setelah itu dicampurakan antara sari beras dan air kencur kedalam panci yang berisi rebusan gula merah. Lalu didiamkan sampai mendidih dan dinginkan. Minuman alami seperti ini diyakini juga dapat membantu melawan flu serta meredakan sakit tenggorokan. Idealnya diminum dalam keadaan masih hangat. (Yan)

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Jelang Natal, Ribuan Botol Miras Berbagai Merek Digilas “Jog Jig”.

SEMARANG (MERAPI)- Sebanyak 5.496 botol minuman keras dari berbagai merek, Jumat (21/12) pagi dimusnahkan dengan cara dilindas kendaraan berat 'jog

Close