Olahan Udang Sehatkan Kulit

MERAPI-SULISTYANTO Olahan wujud udang goreng tepung bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Olahan wujud udang goreng tepung bermanfaat bagi kesehatan.

UDANG sudah tak asing lagi di masyarakat. Tak sedikit yang merasa senang saat menyantap olahan udang, antara lain mempunyai cita rasa khas dan diyakini banyak mengandung gizi. Satu di antaranya dapat diolah menjadi udang goreng tepung.

Selain udang goreng, aneka jenis olahan berbahan udang diyakini mempunyai banyak manfaat atau khasiat bagi kesehatan. Antara lain kandungan zat niasin (vitamin B3) yang terkandung dalam udang, antara lain dapat membantu pemrosesan lemak, karbohidrat dan protein menjadi energi untuk tubuh. Tak kalah penting, niasin juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit maupun mencegah kulit bersisik. Bahkan, sama halnya aneka jenis ikan, udang juga memiliki kandungan asam lemak esensial serta omega-3. Kandungan omega-3 ini bisa mampu membantu memberikan perlindungan kuat pada depresi serta bisa menolong menambah mood bagi yang sedang menderita depresi.

Tak ketinggalan, udang juga memiliki kandungan 21 persen vitamin B12, yang disebut nutrisi penunjang produksi sel darah merah hingga bisa menolong menghindar penyakit anemia. Vitamin B12 juga menolong pembuatan dna, material genetis yang ada pada setiap sel. Hhal ini dapat membuat metabolisme protein, karbohidrat serta lemak di dalam sel tubuh berjalan kian prima. Selain itu dapat membantu meningkatkan energi.

Adapun tanda-tanda kurang energi, yakni adanya indikasi kurang kandungan zat besi didalam tubuh. Sedangkan udang kaya kandungan zat besinya. Lalu kandungan fosfor dan kalsium antara lain dapat bekerja berbarengan membentuk tulang serta gigi yang kuat. Saat mengonsumsi udang, baiknya dimakan berbarengan kulitnya dikarenakan kulit udang memiliki kandungan glucosamine yang berguna untuk menolong pembentukan tulang rawan pada persendian tulang. Penipisan atau rusaknya pada tulang rawan dapat menyebabkan nyeri yang hebat pada persendian, yang biasa dikatakan sebagai pengapuran.

Ada pula yang meyakini meskipun kandungan kolesterolnya cukup tinggi, namun tidak menaikkan kandungan kolesterol dengan total. Jika merasa takut pada kolesterolnya, bisa cukup mengolahnya dengan model membakar ataupun mengukus bahan udang tersebut. (Yan)

 

Read previous post:
Waspadai Potensi Gelombang Tinggi Laut Selatan

YOGYA (MERAPI) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, mengimbau masyarakat agar mewaspadi potensi gelombang tinggi di laut Selatan

Close