BEBASKAN GANGGUAN KESEHATAN SECARA AMAN (1) – Sari Buah Pisang Musuh Hipertensi

MERAPI-SULISTYANTO Sari buah pisang kaya gizi dan bermanfaat bagi kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Sari buah pisang kaya gizi dan bermanfaat bagi kesehatan.

USAHA membebaskan dari gangguan atau keluhan kesehatan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Satu di antaranya perlu rutin mengkonsumsi asupan yang aman dan alami, seperti memanfaatkan bagian dari suatu tanaman berkhasiat.

Tanaman pohon pisang termasuk yang dapat dipilih, misalnya memanfaatkan bagian buah pisang. Beberapa jenis buah pisang selain cocok dikonsumsi langsung, bisa juga dibuat minuman jus maupun sari buah pisang. Asupan berbahan pisang seperti ini selain mempunyai cita rasa khas juga mengandung nilai gizi serta bermanfaat bagi kesehatan badan.

“Tak hanya ketika dikonsumsi buahnya secara langsung, nilai gizi dan manfaat kesehatan buah pisang juga bisa didapat ketika diolah menjadi wujud lain seperti minuman jus, sari buah sampai makanan ringan seperti ceriping,” ungkap Penanggungjawab Kebun Plasma Nutfah Pisang di Giwangan Umbulharjo Yogya, Bambang Dwi Hatmoko kepada <I>Merapi<P>, belum lama ini.

Kandungan gizi pada pisang maupun olahannya antara lain karbohidrat, mineral serta vitamin. Adanya vitamin seperti A, C dan B6 yang cukup tinggi pada pisang, menjadikan layak untuk rutin dikonsumi sebab bisa mendukung kesehatan badan. Ada lagi kandungan serotonin yang diyakini dapat neurotransmitter dalam menjaga kesehatan/kelancaran manfaat otak. Sedangkan kandungan protein serta lemak pisang sangat rendah, sehingga tak perlu takut kegemukan meski rutin konsumsi pisang dalam jumlah banyak.

Ketika bisa rutin mengkonsumsi beberapa jenis pisang, minuman jus sampai sari buah pisang, diyakini juga dapat membantu melawan atau menjadi musuh darah tinggi (hipertensi) dan kolesterol jahat. Bahkan dapat juga dipadu bahan berkhasiat lain seperti wijen hitam. Cara membuatnya, yakni jenis buah pisang ambon bisa diblender bersama kulitnya sebanyak 500 gram dan wijen hitam 15 gram. Sebelum proses pemblenderan bahan-bahan tersebut ditambah air secukupnya. Hasil dari blenderan diminum sampai habis dalam sehari.

“Pisang yang ada bijinya ketika merasa sulit dikonsumsi langsung, dapat juga diolah menjadi sari buah pisang, antara lain jenis pisang kluthuk, raja Bandung, siem dan awak,” urai Bambang.

MERAPI-SULISTYANTO Bambang D Hatmoko.
MERAPI-SULISTYANTO
Bambang D Hatmoko.

Bagi yang memiliki gangguan pada perut termasuk usus, antara lain dapat dibantu meredamnya dengan memanfaatkan pisang Ambon. Caranya cukup sederhana, misalnya cukup menggunakan pisang Ambon yang telah dihaluskan lalu mencampurkannya dengan susu cair lalu dikonsumsi secara rutin setiap hari secara teratur. Jenis pisang ini bahkan diyakini dapat menetralisir asam di lambung, artinya juga dapat menjaga kesehatan perut. Sebagai musuh lever, misalnya cukup mencampurkan dua pisang Ambon dengan satu sendok madu asli. Bahan alami seperti ini bahkan bisa menambah nafsu makan maupun stamina tubuh yang terkena lever, sehingga bisa lebih terjaga kesehatannya.

Ada lagi pengalaman, penderita maag biasa memanfaatkan pisang kepok guna membebaskan dari serangan keluhan kesehatan tersebut. Cara yang dilakukan dan ia merasa cocok, yakni dengan makan dua buah pisang pada pagi hari sebelum sarapan dan malam sebelum makan. Masing-masing cukup satu buah, namun kalau merasa tak mampu satu buah, dapat juga satu pisang dibelah menjadi dua serta rutin dikonsumsi pagi dan malam hari. (Yan)

 

 

Read previous post:
KPU Gelar Bintek Laporan Dana Kampanye

SLEMAN (MERAPI) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelaporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye Pemilu 2019

Close