JAGA KESEHATAN SECARA ALAMI SAAT MUSIM PENGHUJAN (5) – Kerang Hijau Dukung Kekebalan Tubuh

MERAPI-SULISTYANTO Daging kerang hijau bisa ikut menjaga kesehatan badan.
MERAPI-SULISTYANTO
Daging kerang hijau bisa ikut menjaga kesehatan badan.

KEKAYAAN sumber daya alam di Indonesia layak untuk dimanfaatkan sebaik mungkin. Satu di antaranya dapat membantu menjaga kesehatan secara alami, sehingga sangat diharapkan jauh dari gangguan kesehatan termasuk saat musim penghujan seperti sekarang.

Seperti telah diungkap Sumarni di Merapi edisi kemarin, daging buah salak diyakini mampu mendukung kesehatan, termasuk ketika diolah menjadi minuman setup salak. Buah ini termasuk yang mengandung antioksidan, sehingga mampu membantu mendukung daya tahan tubuh seperti menghindari serangan influenza. Bahkan bermanfaat juga dalam menjaga kesehatan mata.

“Kalau memakan buah salak, sebaiknya tak perlu membuang bagian kulit arinya. Dalam kulit ari ini diyakini ada juga khasiat kesehatannya,” urai Marni, baru-baru ini.

Kulit ari atau kulit tipis yang menempel pada daging buah salak berkhasiat membantu memperlancar BAB ataupun sebagai anti sembelit. Ketika dibuat minuman setup, tambahan rempah seperti kayu manis dan cengkih juga berdampak bagus bagi kesehatan. Kayu manis antara lain bermanfaat sebagai musuh sakit kepala, hipertensi, asam urat dan diare. Pemanfaatannya dapat secara tunggal, maupun dipadu bahan-bahan berkhasiat lain.

Ditemui secara terpisah, kru penjualan olahan seafood di Sunmor UGM, Faratika mengungkapkan, selain kerang laut biasa jenis kerang hijau juga memiliki beberapa khasiat kesehatan. Cara mengolah atau memasaknya, bisa sama dengan jenis kerang biasa antara lain dibuat masakan jenis balado maupun digoreng biasa.

“Bagian daging kerang hijau mempunyai nilai gizi dan berdampak bagus bagi kesehatan, asal tak berlebihan dalam mengkonsumsinya,” ungkap Faratika.

Kandungan mineral, vitamin C, vitamin B12, seng, kalium, zat besi, kalsium, mangan serta fosfor mampu bekerja sama untuk mendukung sistim kekebalan tubuh agar lebih sehat. Nutrisi seperti ini dapat juga berfungsi menjaga kesehatan kelenjar tiroid serta menghindarkan dari beberapa keluhan kesehatan seperti pilek dan flu. Selain itu kerang hijau mengandung lemak jenuh yang sangat sedikit dan kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk mendukung kesehatan jantung. Omega-3 yang ada dalam kerang hijau tak hanya membuat sistim kardiovaskular sehat, namun juga efektif untuk peredaran darah dan fungsi otak.

MERAPI-SULISTYANTO Faratika.
MERAPI-SULISTYANTO
Faratika.

“Kandungan vitamin E pada kerang hijau bagus juga untuk kesehatan kulit,” tandasnya.

Daging kerang hijau pun sangat baik bagi penderita arthritis yang disebabkan oleh peradangan, karena daging kerang hijau memiliki kandungan yang baik seperti vitamin B12, seng, fosfor, mangan dan lain sebagainya. Selain itu rutin mengkonsumsi kerang hijau sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri, karena kerang ini memiliki kandungan vitamin B12, yodium, kalium dan zat besi. Hal ini dapat mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis. (Yan)

 

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
300 Guru RA Ikuti Pendidikan Karakter

SLEMAN (MERAPI) - Sebanyak 300 guru Raudhatul Athfal (RA) atau setara dengan Taman Kanak-kanan (TK) se-Kabupaten Sleman, mengikuti penguatan pendidikan

Close