Ketumpang Air Musuh Darah Tinggi

MERAPI-SULISTYANTO Ketumpang air atau sirih mini tampil khas dan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Ketumpang air atau sirih mini tampil khas dan berkhasiat.

TANAMAN berkhasiat obat alami ketumpang air memiliki beberapa nama lain, misalnya sirih mini, sirih cina dan tumpangan air. Selain banyak tumbuh liar di alam, dapat juga ditanam di kebun herbal baik di tanah langsung, pot maupun wadah lainnya.

Ketika ditanam di pekarangan, di pot maupun kebun herbal, sewaktu-waktu ingin menggunakannya tinggal mengambil, sehingga tak perlu mencari di alam terlebih dahulu. Cara pemanfaatannya, antara lain dijadikan sayur sampai dibuat semacam teh.

Tak ketinggalan, ada juga yang menjadikan daun sirih mini ini untuk dijadikan lalaban atau cukup dimakan mentah setelah dicuci bersih. Selain itu dapat juga dengan model direbus, bahkan bisa cukup diseduh air panas tak jauh beda dengan membuat kopi maupun teh. Air hasil rebusan terlebih dahulu disaring serta ditunggu sampai hangat sebelum diminum. Ada lagi yang memproses model manual dan alami, yakni menggunakan segenggam daun dan batang ketumpang air. Setelah dicuci bersih, bahan ini direbus dengan dua gelas air selama 15 hingga 20 menit. Setelah dalam keadaan hangat, teh herbal ini dapat diminum segelas. Idealnya diminum tiga kali dalam sehari.

Beberapa khasiat kesehatannya, ketumpang air atau sirih mini antara lain diyakini sebagai musuh darah tinggi (hipertensi), membantu mengatasi rematik, jerawat, diare, flu dan pegal-pegal. Ramuan ini juga dipercaya bisa menyembuhkan sakit kepala dan gangguan ginjal. Ketika diproses menjadi wujud pasta, antara lain dapat digunakan untuk pembalur muka sehingga menjadi musuh kulit sensitif ataupun berjerawat.

Adapun beberapa ciri tanaman sirih mini, misalnya bentuk daun menyerupai sirih namun berukuran kecil. Sedangkan nama ilmiahnya biasa disebut <I>Gynura procumbeus<P>. Sifatnya senang hidup di tempat lembab seperti tepi-tepi parit/irigasi, pekarangan rumah maupun kebun-kebun. sehingga menjadikan banyak orang tak peduli dengan jenis tanaman ini. Padahal, warna putih yang terdapat dibawah daun sirih ini adalah suatu zat anti bacteria. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
JAGA KESEHATAN SECARA ALAMI SAAT MUSIM PENGHUJAN (4) – Hindari Serangan Influenza dengan Salak

TANAMAN bermanfaat maupun berkhasiat bagi kesehatan banyak ragamnya. Sebagian dimanfaatkan bagian daun, buah, rimpang, bunga serta kulit batangnya. Pemanfaatan bahan-bahan

Close