JAGA KESEHATAN SECARA ALAMI SAAT MUSIM PENGHUJAN (3) – Purwoceng Memperlancar Sirkulasi Darah

MERAPI-SULISTYANTO Tanaman purwoceng tampil khas dan memiliki manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman purwoceng tampil khas dan memiliki manfaat kesehatan.

ANEKA bahan natural baik dari satwa maupun tumbuhan mampu membantu menjaga kesehatan secara alami. Dengan kesehatan terjaga diharapkan akan mampu mendukung tingkat kebugaran dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari termasuk saat musim penghujan.

Asupan berbahan ikan gabus atau kuthuk seperti telah dijelaskan H Suryana di Merapi kemarin, antara lain dapat mendukung daya tahan tubuh dari berbagai gangguan kesehatan. Termasuk juga ikut membantu mempercepat sembuhnya luka seperti pasca khitan dan pasca operasi. Selain itu dapat melawan <I>oedem<P> atau pembengkakan, membantu proses penyembuhan hepatitis, TBC/infeksi serta tipes.

“Selain ikan gabus, telur ayam maupun itik juga mempunyai kandungan gizi tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan,” tegas Suryana, baru-baru ini.

Adapun kandungan gizi pada telur, misalnya protein, zat besi , vitamin A, karbohidrat , vitamin E, lemak, omega-3, vitamin C, vitamin D, beta karoten, protein dan lecithin. Protein telur mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung hidup sehat. Bahkan, jumlah dan komposisi asam aminonya sangat lengkap dan berimbang, sehingga hampir seluruh bagian telur dapat digunakan untuk pertumbuhan maupun penggantian sel-sel yang rusak.

Ditemui secara terpisah, Indarto yang tinggal di Seyegan Sleman senang menanam aneka tanaman bermanfaat seperti sayur, buah maupun tanaman berkhasiat obat. Khususnya tanaman purwoceng cara pemanfaatannya beragam. Khusus bagian daun-daunnya antara lain dapat dijadikan lalaban, dicampurkan saat membuat mi, telur dadar dan bahkan bisa dibuat keripik. Cara membuat keripik daun purwoceng tak jauh beda dengan keripik daun kersen (talok) maupun pegagan.

“Selain memiliki cita rasa khas, keripik berbahan dedaunan seperti ini juga mempunyai beberapa manfaat kesehatan,” jelas Indarto.

Bagian akar serta daun purwoceng mengandung stigmasterol dan sitosterol serta vitamin E. Dengan demikian, purwoceng bisa dimanfaatkan sebagai bahan kosmetika untuk peremajaan sel-sel tubuh dan memperbaiki kesuburan wanita. Selain itu berkhasiat sebagai penghangat tubuh, memperlancar aliran (sirkulasi) darah menguatkan otot maupun saraf dan menghilangkan rasa letih setelah bekerja keras.

MERAPI-SULISTYANTO Indarto.
MERAPI-SULISTYANTO
Indarto.

Sedangkan bagian akar tanaman purwoceng, karena mempunyai sifat diuretika, maka dapat membantu memperlancar buang air kecil. Dengan dibantu teknologi modern, tanaman purwoceng bisa juga diolah menjadi bahan baku pembuatan produk-produk kesehatan seperti kopi kesehatan, teh dan kapsul herbal. Dengan produk seperti ini akan memudahkan cara mengkonsumsi, lebih efisien maupun efektif.

“Ketika dibuat keripik, baik daun purwoceng maupun pegagan banyak yang senang. Selain enak juga bisa diperoleh manfaat kesehatannya secara alami,” tandasnya.

Adapun pemanfaatan pegagan selain dibuat keripik, bisa juga dibuat teh kesehatan, cukup direbus maupun dimakan langsung sebagai lalaban. Manfaat kesehatannya seperti membantu menurunkan panas/demam, anti radang, musuh darah tinggi, wasir, gangguan pencernaan, menurunkan kolesterol jahat, menambah nafsu makan serta memperlancar aliran darah. (Yan)

 

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
613 TAHUN PENDARATAN CHENG HOO DI SEMARANG (2) – Dulu Mau Sembahyang Diganggu Penjahat

LAKSAMANA Cheng Hoo nama aslinya adalah Laksamana Ma He atau dikenal dengan sebutan Kongco Sam Poo, karena berhentinya di Sam

Close