Anggur Bantu Gelontor Timbunan Toksin

MERAPI-SULISTYANTO Buah anggur memiliki beberapa ciri khas dan bermanfaat untuk kesehatan badan.
MERAPI-SULISTYANTO
Buah anggur memiliki beberapa ciri khas dan bermanfaat untuk kesehatan badan.

PENYEBAB munculnya gangguan kesehatan cukup beragam dan sudah selayaknya kita berusaha pencegahan maupun melawan ketika terserang. Dengan demikian dapat diraih sehat jiwa-raga secara lebih maksimal.

Suatu hal penting disyukuri, berbagai bahan alami yang mudah diperoleh dan harganya terjangkau mampu mendukung kesehatan badan. Bahan alami tampak sepele, misalnya berasal dari tanaman tanduk rusa serta anggur termasuk yang diyakini memiliki aneka manfaat kesehatan.

Menurut warga Bambanglipuro Bantul, Rio Aditya, tanaman anggur juga mempunyai manfaat kesehatan, terutama bagian buah dan daun-daunnya. Berbagai varietas buah anggur secara alami termasuk jenis makanan atau asupan pembentuk basa. Sifat membentuk basa dengan banyak kandungan air antara lain menjadikan pembuluh darah memiliki kemampuan lebih besar dalam membantu menggelontor timbunan toksin (racun) dan lemak jahat dalam pembuluh darah.

Artinya juga akan mampu mencegah terjadinya penyempitan atau penyumbatan pembuluh darah. Tak kalah penting dengan rutin mengkosumsi buah anggur, baik disantap langsung maupun wujud minuman jus bisa membantu meredam lelah dan menjaga kekebalan tubuh. Pasalnya, dengan rutin mengkonsumsi buah anggur akan bisa membantu membersihkan organ hati/liver maupun menggiatkan fungsi ginjal.

MERAPI-SULISTYANTO Rio Aditya.
MERAPI-SULISTYANTO
Rio Aditya.

“Berbagai kandungan vitamin dalam buah anggur juga bagus untuk mendukung kesehatan mulai dari anak-anak sampai lansia,” tegas Rio.

Beberapa jenis vitamin yang terkandung dalam buah anggur, misalnya vitamin C, B6, K dan B1. Manfaat vitamin C bagi tubuh, antara lain menjaga/meningkatkan imunitas tubuh. Termasuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Sedangkan vitamin B6 dalam buah anggur antara lain sangat penting untuk kesehatan otak, sehingga mampu berfungsi secara normal. Tak kalah penting, dengan rutin mengkonsumi anggur bisa mencegah serta melawan sembelit, sebab buah ini mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar alami.

Adapun varietas anggur antara lain ada yang dikelompokkan mempunyai bagian luar/semacam kulitnya tipis dengan rasa manis dan segar. Anggur ini banyak ditemui di daerah yang lebih kering. Sedangkan yang kulitnya agak tebal, rasanya agak sedikit asam. Meski ada sedikit perbedaan, namun secara umum mempunyai manfaat kesehatan yang sama termasuk kandungan vitaminnya.

“Selain bagian buahnya, daun tanaman anggur juga diyakini memiliki beberapa khasiat alami,” imbuh Rio. (Yan)

 

 

Read previous post:
Dihadang Pocong di Mbulak

BERSEPEDA menjadi hobi Pak Joko (nama samaran) sudah sejak lama. Ia juga bergabung dalam klub sepeda di Kartasura. Biasanya ketika

Close