Maja Musuh Bebuyutan Mual

MERAPI-SULISTYANTO Bagian buah serta daun tanaman maja tampil khas dan berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Bagian buah serta daun tanaman maja tampil khas dan berkhasiat.

POHON atau tanaman maja mempunyai beberapa tampilan khas. Terlebih saat banyak muncul buahnya, kian unik dipandang. Terutama bagian buah serta daun-daunnya diyakini mempunyai beberapa khasiat kesehatan.

Bagian buah maja tak semuanya pahit, sebab ada varietas yang mempunyai rasa manis dan aromanya harum. Resep pemanfaatan bagian-bagian dari tanaman ini pun cukup mudah dipraktikan. Bahkan ada yang sekadar dibuat menjadi minuman jus, lalu rutin diminum untuk mencegah serta melawan beberapa keluhan kesehatan.

Jika digunakan sebagai rival atau musuh bebuyutan mual dan muntah, yaitu dengan menggunakan satu buah maja yang masih mentah serta segar. Setelah itu diambil daging buahnya sebanyak satu sendok teh. Lalu rutin dikonsumsi atau dicampurkan segelas air putih hangat. Ramuan ini dapat diminum dua kali sehari, sampai keluhan kesehatan tersebut teratasi.

Sebagai musuh diare, dapat menggunakan buah maja yang sudah kering tanpa biji, bahkan bisa diproses menjadi bubuk dengan digiling. Bubuk ini sebanyak satu sendok makan lalu dicampur air minum dan diminum dua kali sehari. Jika untuk asma lima gram daun maja yang telah dikeringkan, dicampurkan dengan satu sendok teh madu dan diminum sehari dua kali.

Lain halnya sebagai penggempur darah tinggi atau hipertensi, yaitu bisa menggunakan beberapa lembar daun maja yang sudah dicuci bersih. Selanjutnya daun segar tanaman maja ini dijadikan minuman jus. Sebelum diminum dapat ditambahkan madu asli secukupnya. Dengan tambah madu asli, akan menjadikan rasa minuman berkhasiat ini menjadi khas dan enak. Dalam sehari cukup diminum sekali, pada pagi hari.

Adapun untuk mempercepat pemulihan luka dalam dan luar, yaitu menggunakan satu buah maja segar, ditambah daun dan akar pohon maja dengan takaran sama. Seluruh herba ini dicuci bersih, lalu dijadikan minuman jus. Masih ditambah madu sebanyak dua sendok teh dan diaduk-aduk sampai rata. Minuman jus ini diharapkan sebagai musuh infeksi usus, luka lambung maupun lever. (Yan)

 

Read previous post:
KARTUN – 12 November 2018

Close