Daun Jarak Singkirkan Gatal-gatal

MERAPI-SULISTYANTO   Bagian daun tanaman jarak memiliki khasiat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Bagian daun tanaman jarak memiliki khasiat kesehatan.

JARAK baik yang jenis hijau maupun ungu atau merah diyakini memiliki khasiat obat alami. Bukan hal aneh jika jenis tanaman dengan beberapa tampilan khas ini layak ditanam di kebun herbal atau tanaman obat keluarga. Selain mudah diperbanyak, cara perawatannya pun tak rumit.

Secara turun-temurun terutama bagian daun tanaman jarak dikenal mempunyai beberapa khasiat kesehatan, antara lain dapat membantu mengatasi perut kembung akibat masuk angin pada anak-anak. Caranya cukup mudah, daun jarak sebanyak lima helai dipanaskan di atas api hingga layu. Setelah itu disapukan minyak kelapa dan ditempelkan pada perut maupun pinggang anak.

Selain itu digunakan untuk membantu menyingkirkan gatal-gatal. Cara menggunakannya, pucuk batang serta daun jarak merah direbus sampai mendidih. Setelah itu didiamkan sampai dalam keadaan hangat. Sebelum berendam dengan air jarak, terlebih dahulu mandi dengan air bersih. Lama berendam minimal 5 menit. Bahkan daun jarak yang telah direbus dapat ditempelkan pada bagian kulit yang terserang gatal-gatal. Khusus bagian yang agak parah bisa ditempel daun jarak yang masih hangat, yakni dari hasil rebusan tadi dan masih keluar getahnya.

Beda lagi, jika ada balita yang terserang diare bisa juga dibantu kesembuhannya dengan daun jarak. Cara memanfaatkannya, sejumlah daun jarak segar diolesi minyak kelapa sampai merata lalu dipanggang di atas api sampai tampak layu. Saat daun masih hangat ditempelkan pada bagian perut bayi. Cara alami ini selain aman juga mampu menghemat biaya.

Adapun ciri tanaman jarak antara lain termasuk tanaman perdu dan bercabang tidak teratur. Batang kayu silindris, jika terluka mengeluarkan getah. Bentuk daun bulat telur atau berbentuk jantung dengan panjang 5-15 cm. Saat musim kemarau secara rutin, jarak perlu disiram. Ketika ingin dipupuk, idealnya menggunakan pupuk organik seperti dari kotoran ternak yang sudah terfermentasi. (Yan)

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
AFF FUTSAL CHAMPIONSHIP 2018 – Indonesia Dikalahkan Malaysia 5-7

  SLEMAN (MERAPI) - Tim Nasional Futsal Indonesia dikalahkan Tim Malaysia dengan skor 5-7 dalam babak penyisihan Grup A Laga

Close