Degan Serabut Merah Lawan Cacingan

MERAPI-SULISTYANTO Degan serabut merah lebih berkhasiat.
MERAPI-SULISTYANTO
Degan serabut merah lebih berkhasiat.

Pemanfaatan bahan-bahan alami berkhasiat termasuk salah bukti semangat dalam mewujudkan sehat. Jenis bahan alami sudah banyak dikenal warga, misalnya daun pepaya Jepang serta kelapa muda (degan) apalagi yang memiliki serabut warna merah.

Suryono asal Ngawen Sleman menjelaskan, sejak ia berjualan kelapa muda (degan) selalu ada konsumen menanyakan degan dengan serabut warna merah. Tak sedikit dari konsumen merasa cocok menggunakan degan serabut merah untuk menjaga maupun melawan gangguan kesehatan. Kebetulan ia ada <I>channel<P> dengan mitra yang memiliki pohon kelapa serta rutin berbuah degan serabut merah.

“Jenis degan serabut merah seperti ini harganya lebih mahal sedikit dibanding yang biasa. Selain memiliki tingkat kesegaran yang khas, manfaat kesehatannya diyakini juga lebih banyak,” tegas Yono.

Khasiat degan serabut merah, antara lain dapat membantu meredam mual muntah, misalnya karena mabuk naik kendaraan maupun terpicu penyakit seperti malaria, typhoid serta demam berdarah. Selain itu membantu melawan cacingan pada anak-anak, caranya larutan air degan bisa diberi sedikit sari jeruk sitrun. Selanjutnya dapat diminumkan pada anak penderita cacingan.

MERAPI-SULISTYANTO Suryono.
MERAPI-SULISTYANTO
Suryono.

Degan serabut merah pun bisa rutin diberikan kepada penderita demam berdarah, disentri, sesak napas, jantung, sampai orang yang mabuk karena minum minuman beralkohol. Air degannya rutin diminum, sedangkan daging buahnya dikonsumsi sampai keluhan kesehatan tersebut bisa sembuh.Ketika sulit mendapatkan yang serabut merah, degan biasa juga dapat dimanfaatkan. Lebih ideal lagi jika kulit atau sabut kelapa bagian luar berwarna hijau atau biasa disebut degan hijau. (Yan)

 

 

Pin It on Pinterest

Read previous post:
Sakitnya Kehilangan Anak

RASA penasaran Jumanto untuk mengetahui jati diri bos Jimanto sampai beberapa hari tak juga mampu terjawab. Jarang sekali ia bisa

Close