Bunga Kenop Atasi Sulit Kencing

MERAPI-SULISTYANTO Tanaman bunga kenop tampil khas dan memiliki manfaat kesehatan.
MERAPI-SULISTYANTO
Tanaman bunga kenop tampil khas dan memiliki manfaat kesehatan.

TANAMAN bunga kenop mempunyai tampilan khas dan cocok dijadikan sebagai tanaman hias. Selain itu layak ditanam di kebun herbal atau apotik hidup, sebab mempunyai khasiat sebagai obat alami. Bagian bunganya meski kecil-kecil, berbentuk bonggol, warna merah tua keungu-unguan seperti bola dan ada juga yang berwarna putih.

Khasiat obat alaminya dapat diperoleh dari hampir seluruh bagian tanaman, baik digunakan segar maupun kering. Sebagai musuh kencing tak lancar atau sulit kencing, caranya cukup menggunakan 10 gram bunga kenop yang dicuci bersih dengan air mengalir lalu direbus dalam tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, rebusan bunga kenop ini disaring dan air saringannya diminum dua kali sehari. Masing-masing cukup setengah gelas saja.

Lain halnya sebagai penambah nafsu makan, yakni menggunakan 20 gram herba segar bunga kenop yang sudah dicuci sampai bersih, lalu direbus dalam tiga gelas air sampai tersisa dua gelas. Setelah dalam keadaan hangat atau dingin disaring dan air penyaringan diminum, sehari dua kali, masing masing satu gelas. Sebagai musuh sesak nafas karena asma bronkhitis, bahan yang digunakan, yakni 10 kuntum bunga kenop. Setelah dicuci bersih lalu direbus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa satu gelas. Sebelum diminum dapat ditambahkan madu murni secukupnya. Ramuan ini diminum sehari tiga kali, masing-masing sepertiga gelas. Cara ini dilakukan setiap hari sampai sembuh.

Sedangkan untuk membantu menyingkirkan sakit kepala atapun migren, yakni menggunakan bahan-bahan 10 kuntum bunga kenop, 10 gram jahe dan 60 gram lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Semua bahan ini direbus dengan 500 cc hingga tersisa 250 cc lalu disaring dan diminum airnya dalam keadaan masih hangat. Cara lainnya, yakni memanfaatkan 15 gram bunga kenop dan 10 gram bunga krisan. Kedua bahan ini setelah dicuci bersih lalu direbus dengan 400 cc hingga tersisa 200 cc, disaring lalu diminum. Ketika bisa rutin ataupun teratur meminumnya diharapkan akan bisa mempercepat sembuhnya keluhan kesehatan tersebut.

Adapun ciri-ciri lain dari tanaman kenop, misalnya bagian batangnya berwarna hijau kemerahan, berambut serta membesar pada ruas percabangan. Daun duduk berhadapan, bertangkai, bentuk daun bulat telur sungsang sampai memanjang, panjang daun 5-10 cm, lebar 2-5 cm, ujung runcing dan berwarna hijau. Bagian daun juga berambut kasar di bagian atas dan halus di bagian bawah. (Yan)

 

Read previous post:
IBL TOURNAMENT 2018 – Bima Perkasa Atasi Hangtuah

  SOLO (MERAPI) - Usai kalah tipis 53-58 dari Stapac Jakarta di hari pertama IBL Tournament 2018 di Sritex Arena,

Close