Sekoteng Musuh Kepala Pusing

MERAPI-SULISTYANTO Minuman sekoteng dan kacang tanah bermanfaat bagi kesehatan
MERAPI-SULISTYANTO
Minuman sekoteng dan kacang tanah bermanfaat bagi kesehatan

PEMANFAATAN bahan berkhasiat baik secara sederhana sampai sudah menggunakan teknologi modern termasuk bagian dari semangat meraih sehat. Ketika badan sehat ataupun tak mengalami gangguan kesehatan, akan bisa melakukan berbagai kegiatan sehari-hari dengan baik. Beberapa bagian tanaman berkhasiat, selain bisa dikonsumsi langsung ada juga yang diproses menjadi wujud minuman kesehatan dan dikombinasi dengan aneka bahan pendukung.

Penjual minuman dan makanan tradisional di Pasar Ndelik kawasan Tridadi Sleman, Haryati menjelaskan, minuman alami jenis sekoteng dengan bahan dasar rimpang jahe dipadu beberapa jenis rempah diyakini memiliki beberapa manfaat kesehatan. Bahkan kacang tanah maupun olahan berbahan kacang tanah memiliki kandungan nutrisi yang ikut mendukung kesehatan badan. “Adanya rimpang jahe, antara lain bisa menghangatkan badan, memperlancar aliran darah dan beberapa manfaat penting lain bagi tubuh,” ungkap Haryati.

Minuman sekoteng berbahan dasar rimpang jahe serta beberapa jenis rempah ini dipercaya juga membantu menjaga daya tahan tubuh, musuh kepala pusing/migren, melawan mual serta menyehatkan jantung. Bahkan ikut membantu mengatasi/mencegah alergi, sebagai anti virus dan musuh gatal-gatal pada tenggorokan.

Salah satu rempah yang digunakan pada pembuatan sekoteng yakni kembang lawang atau pekak, antara lain memiliki manfaat menjaga kesehatan saluran pencernaan, bersifat sebagai antibakteri dan antijamur, bahkan aroma kembang lawang bisa membantu melawan insomnia (sulit tidur), sehingga membuat tidur lebih baik dan nyenyak. “Jenis makanan alami wujud kacang tanah juga bagus rutin dikonsumsi, sebab baik untuk kesehatan terutama yang tak memiliki keluhan kesehatan seperti asam urat tinggi,” paparnya.

Jenis kacang tanah serta beberapa olahan berbahan kacang tanah, antara lain membantu menurunkan risiko batu empedu maupun risiko penyakit jantung. Selain itu dengan mengkonsumsi kacang-kacangan secara teratur bisa mendukung daya tahan tubuh sebab memiliki kandungan antioksidan. Tak kalah penting, kacang tanah memiliki kandungan vitamin B, E, kalsium, protein serta zat besi alami. (Yan)

.  MERAPI-SULISTYANTO Haryati.
.
MERAPI-SULISTYANTO
Haryati.

Read previous post:
Diskominfo Kulonprogo Sosialisasikan Budaya Pemerintahan Satriya

WATES (MERAPI) - Untuk mencapai keberhasilan reformasi birokrasi dan pelayanan prima berlandaskan budaya lokal, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo

Close